Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML # adsen1

Soal Penilaian Akhir Bab Resensi Bahasa Indonesia Kelas XI

Tahukah kalian bahwa tujuan utama resensi buku ialah memberikan tanggapan atas isi buku sebagai informasi kepada calon pembaca buku itu? Tanggapan itu dapat memotivasi pembaca resensi atau menjadi tidak berminat membaca buku yang diresensi itu.

Di samping itu, resensi buku merupakan umpan balik bagi penulis buku untuk menyempurnakan isi buku tersebut pada edisi terbitan berikutnya. Tujuan meresensi buku hendaknya menjadi acuan bagi penulis resensi dalam mengembangkan resensi yang disusunnya dan juga sebagai salah satu kriteria bagi media yang akan memublikasikannya.


Pada Postingan kali ini, kami akan mempublikasikan Soal Penilaian Akhir Bab Resensi Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK tanpa kunci Jawaban. Berikut soal yang kami sampaikan.

SOAL PENILAIAN AKHIR BAB RESENSI BAHASA INDONESIA KELAS XI

Keterangan Soal
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / Genap
Jumlah Soal Pilihan Ganda    : 5 Soal
Jumlah Soal Essay    : 0 soal
Kunci Jawaban : ada

I. PILIHAN GANDA
Berilah tanda silang ( X ) pada salah satu huruf A, B, C, D atau E sebagai jawaban yang paling benar!

1. Cermati kutipan teks cerita berikut!
Aku mengagumi malam untuk ketenangannya. Adalah waktu yang tepat untuk merebahkan letih di sepanjang siang ini. Lagi dan lagi sepertinya malam senang untuk mempersembahkan hasrat yang semakin menggebu di dalam hati, ya keinginan itu. Keinginan untuk berbicara, memaksaku mengakui cinta untuk seseorang yang harusnya dia atau mungkin siapapun tak perlu tahu. Malam-malam lain datang di waktu yang sama, aku seperti berlatih menahan batin. Meyakinkan nurani untuk berhenti. Bukan, bukan meyakinkan tapi sedikit memaksa.
Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan sesuai dengan kutipan tersebut adalah . . . .
  • Penggunaan majas yang cukup banyak akan lebih menarik jika diimbangi juga dengan penggunaan ungkapan.
  • Tema cinta dalam cerpen adalah tema yang sudah klise, sehingga tidak menarik lagi bagi para pembaca.
  • Penggunaan sudut pandang akan membuat pembaca kurang leluasa mengetahui isi hati tokoh-penokohan dalam cerita.
  • Penggunaan gaya bahasa atau majas oleh pengarang membuat cerpen menjadi lebih hidup dan enak dibaca.
  • Penggunaan kalimat-kalimat tunggal membuat pembacaan cerpen ini menjadi lebih lancar dan mudah.
2. Bacalah kutipan teks berikut!
Cerita dalam novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana (STA) membawa pembaruan di bidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun, STA menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah, dan memajukan kaumnya yang diwakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar.
Kalimat keunggulan buku yang bisa disusun berdasarkan teks tersebut adalah . …
  • Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa.
  • Memang sepantasnya novel ini mendapatkan penghargaan dari dunia pendidikan
  • Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib dikenal di dunia pendidikan
  • S. Takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan
  • Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum wanita
3. Cermati teks resensi berikut!
Seusai membaca hingga habis, sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.
Masalah yang dinilai dalam penggalan resensi di atas adalah ….
  •  kekurangan atau kelemahan novel tersebut
  •  keunggulan atau kelebihan novel tersebut
  •  latar belakang pengarang novel
  •  kekurangan dan kelebihan novel tersebut
  •  sinopsis novel tersebut
4. Cermati data buku berikut!

Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku sesuai dengan data tersebut adalah ….
  • Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidk terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, Cover buku sengaja di desain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • Buku ini mengangkat masalah yang aktual, dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, Cover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
  • Sampul buku ini sangat bagus membuat orang yang melihatnya ingin membacanya, namun buku ini seakan menggurui pada pembacanya.
5. Identitas buku meliputi sebagai berikut, kecuali ….
  •  judul buku
  •  harga buku
  •  jumlah halaman
  •  penerbit
  •  pengedit buku
II. SOAL-SOAL URAIAN
Bacalah teks resensi buku nonfiksi berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2!
Dalam buku ini kita dapat mempelajari mulai pengertian sastra kontemporer, puisi kontemporer, cerita pendek kontemporer, novel kontemporer, hingga karya sastra kontemporer. Di dalam buku ini penulis pun memberikan contoh-contoh puisi, cerita pendek kontemporer. Kita juga dapat mengetahui tokoh- tokoh sastrawan Indonesia pada masa itu dan karya-karya sastrawan tersebut. Lalu, kita juga tahu sejarah sastra Indonesia pada waktu tersebut dan dampaknya bagi perkembangan sastra Indonesia.

Dari aspek penggunaan bahasanya, dalam buku ini kita akan menemukan banyak penggunaan istilah asing, sehingga tak jarang pembaca yang masih awam sulit mengerti dan memahaminya. Jika yang membaca bukan orang yang menekuni bidang sastra atau tidak mempelajari sastra sebelumnya tentulah akan sedikit kurang paham dalam membaca buku tersebut.

1. Tulislah kalimat yang menyatakan kelebihan dan kekurangan buku dalam kutipan resensi tersebut!
2. Jelaskan unsur-unsur kebahasaan kutipan tersebut!
3. Jelaskan struktur teks resensi!

Posting Komentar untuk "Soal Penilaian Akhir Bab Resensi Bahasa Indonesia Kelas XI"