Download Silabus & RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 5 Revisi Terbaru Kurikulum 2013

ambar
Pada postingan kali ini, kami akan membagikan link download RPP 1 Lembar RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 5 subtema 1 sampai subtema 3 terbaru Kurikulum 2013 edisi revisi. RPP SD Kelas 5. Download RPP Tema 5 subtema 1 subtema 3 Kelas 5 SD. Download Silabus dan RPP SD. download RPP Tema 5 subtema 1 sampai subtema 3 kelas 5 K13.

RPP 1 lembar ini merupakan bentuk RPP baru yang sesuai dengan kebijakan menteri Pendidikan Nadiem Makarim tentang merdeka belejar. Tujuannya adalah agar tidak memberatkan guru dalam memenuhi perangkat administrasi yang harus dikerjakan.

RPP 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 5 ini memiliki subtema 1. Komponen Ekosistem; Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk hidup dalam Ekosistem dan Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Kesemua RPP tersebut dapat bapak ibu download pada akhir artikel ini.

Nah, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membagikan secara percuma beberapa link Download RPP Tema 5 subtema 1 subtema 3 Kelas 5 SD. Download Silabus dan RPP SD. Download RPP Tema 5 subtema 1 sampai subtema 3 kelas 5 k13.

RPP 1 lembar yang akan bapak ibu guru akses ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu referensi bapak ibu guru untuk membuat perangkat. Selain itu, dokumen yang kami unggah ini berupa berformat docx. atau doc. Alasannya adalah agar bapak ibu guru bisa dengan mudah mengedit sesuai dengan kebutuhan bapak ibu sekalian.

Berikut kami sampaikan contoh RPP yang bisa bapak ibu guru gunakan sebagai dasar pembuatan RPP satu lembar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDN Pendrikan Lor 01
Kelas/Semeter : V/1
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 1 (Komponen Ekosistem)
Pembelajaran : 1 dan 2
Periode Bulan/Minggu :

Tujuan Pembelajaran
  • Dengan membuat bagan, siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.
  • Dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.
  • Dengan menyanyikan lagu bertemakan hewan, siswa mampu mengenal perbedaan tangga nada mayor dan minor secara benar.
Langkah Kegiatan
  • Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang jenis makanan hewan.
  • Siswa bersama-sama mendiskusikan tentang isi teks bacaan tersebut.
  • Siswa menuliskan hal-hal yang masih belum ia pahami ke dalam tabel pertanyaan yang nanti dapat ia cermati kembali saat siswa sudah memperoleh jawabannya.
  • Sarankan kepada siswa untuk membuat catatan kecil yang dapat membantu siswa mengingat kembali jenis-jenis makanan hewan.
  • Siswa mencari gambar hewan-hewan dari majalah atau surat kabar. Kemudian siswa bersama dengan kelompoknya diminta mengklasifikasikan hewan-hewan yang ditemui berdasarkan jenis makanannya. (kegiatan ini digunakan untuk makin memperdalam pemahaman siswa tentang kategori hewan berdasarkan jenis makanannya dalam KD IPA 3.5. Memahami ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar dan 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem)
  • Siswa menuliskan kesimpulan dari hasil kerja kelompok-kelompok lain yang ditampilkan dalam gallery walk
  • Siswa membuat tulisan nonfiksi yang membandingkan dua jenis hewan berdasarkan jenis makanannya yang terdiri atas tiga paragraf (kegiatan ini dilakukan untuk mencapai KD BI 3.7 dan 4.7)
  • Guru membuka diskusi tentang seringnya hewan dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi sebuah karya, salah satunya karya lagu.
  • Siswa menyebutkan lagu-lagu bertema hewan yang mereka ketahui.
  • Siswa mendiskusikan tentang tangga nada yang terdapat dalam lagu tersebut, mayor atau minor (kegiatan ini digunakan untuk memahamkan siswa tentang lagu bertangga nada mayor dan minor SBDP KD 3.2)
  • Siswa dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan lima sampai enam siswa mempelajari salah satu lagu bertemakan hewan. Lagu bertemakan hewan ini hendaknya menggunakan tangga nada mayor
  • Guru mengingatkan kembali penjelasan tentang alat musik ritmis yang dapat dipergunakan siswa untuk mengiringi lagu tersebut
  • Guru menjelaskan tentang perbedaan alat musik ritmis dan melodis. Bahwa alat musik melodis merupakan alat musik yang dapat melantunkan melodi sebuah lagu, tetapi umumnya tidak dapat memainkan kord secara bersamaan.Seruling, pianika, gitar dan biola merupakan contoh alat musik melodis.
  • Siswa mencoba memainkan alat musik melodis untuk mengiringi kelompoknya saat bernyanyi (kegiatan ini digunakan untuk memahamkan siswa tentang KD SBDP 4.2)
Penilaian
  • Pengetahuan tentang informasi-informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi ( BI KD 3.7)
  • Keterampilan dalam menyajikan teks nonfiksi (BI KD 4.7)
  • Pengetahuan tentang pengklasifikasian hewan berdasarkan jenis makanannya. Ketepatan pengelompokan.
  • Keterampilan dalam menyajikan informasi dalam bentuk tabel. Kelengkapan tabel.
  • Pengetahuan tentang perbedaan tangga nada mayor dan minor
  • Keterampilan dalam menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor.
Mengetahui,          Semarang,
Kepala Sekolah     Guru Kelas V


NIP.                       NIP.

Berikut di bawah ini link download untuk Silabus dan RPP 1 lembar untuk kelas 5 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013 

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close