Tryout Soal PPPK Guru Kompetensi Teknis F

Soal yang akan kawan-kawan kerjakan in merupakan contoh soal yang hampir mirip dengan soal tes PPPK tahun kemarin. Kami berharap, latihan soal ini dapat membantu kawan semuanya untuk melampaui passing grade tes PPPK tahun ini.

Selengkapnya, silakan kerjakan Soal PPPK tersebut di bawah ini.

Tryout Soal PPPK Guru Kompetensi Teknis 

Petunjuk:
  • Berdoalah sebelum mengerjakan Latihan Soal PPPK ini.
  • Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 13 poin.
Tryout Soal PPPK Guru Kompetensi Teknis
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar!
1. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. Jika dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ….
 A. seleksi
 B. penempatan
 C. pre test – pos test
 D. diagnostic

2. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah ….

 A. behavior dan degree
 B. condition dan degree
 C. audience
 D. degree

3. Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah ….

 A. video
 B. gambar banjir
 C. potongan artikel berita di media cetak
 D. peta persebaran potensi banjir
4. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah ….
 A. potongan artikel media cetak
 B. video di kanal youtube
 C. tayangan berita di televisi
 D. daftar harga barang pokok terbaru

5. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip ….

 A. menyeluruh.
 B. bermakna
 C. adil
 D. objektif

6. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan penilaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah.…

 A. sahih
 B. objektif
 C. menyeluruh
 D. sistematis

7. Lutfia adalah seorang guru seni, Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang dinilai, teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat, dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam menghargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Di dalam hal ini bu linda telah menerapkan prinsip ….

 A. sahih
 B. objektif
 C. menyeluruh
 D. sistematis

8. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80. Sesuai kasus di atas, artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian ….

 A. adil
 B. objektif
 C. menyeluruh
 D. sistematis

9. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika. Jumlah nomor soal ada. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Kegiatan yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian ….

 A. adil
 B. objektif
 C. menyeluruh
 D. sistematis

10. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi. Hal yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian ….

 A. adil
 B. objektif
 C. menyeluruh
 D. sistematis
11. Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba Bu Neni didatangi oleh orang tua siswa sambal marah marah dan menggerutu, karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Bu Neni kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, PAS, serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Akhirnya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian, Bu Neni telah melaksanakan prinsip penilaian ….
 A. objektif
 B. menyeluruh
 C. sistematis
 D. akuntabel

12. Di dalam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubrik penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian ….

 A. sistematis
 B. beracuan kriteria
 C. menyeluruh
 D. sistematis

13. Di dalam setiap pembelajaran, Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan. Kegiatan yang dilakukan Pak Candra ini bersifat ….

 A. sistematis
 B. beracuan kriteria
 C. terpadu
 D. sistematis
14. Pada awal semesster Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang akan dijadikan dasar untuk pemberian nilai rapor. Hal ini artinya Pak Budi telah menerapkan prinsip penilaian ….
 A. sistematis
 B. terbuka
 C. terpadu
 D. sistematis

15. Perhatikan butir soal uraian berikut. Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa! Butir soal tersebut ….

 A. cukup bagus, karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
 B. cukup bagus, karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
 C. jelek karena, hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
 D. jelek karena, ditulis dalam kalimat yang sangat pendek


Related Posts

Posting Komentar