Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Awas! Hindari 9 Hal Ini Agar Otakmu Tidak Rusak

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting. Saking pentingnya, otak berperan untuk mengatur sensor-sensor motorik penggerak organ tubuh yang lain.

9 Hal Sepele yang dapat Merusak Otak

Kita harus menjaga otak kita. Jangan sampai hal-hal sepele ini merusak otak kita. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Hal-Hal Sepele Perusak Otak

1. Tidak Sarapan Pagi. 

Otak manusia merupakan organ yang paling banyak menggunakan energi dalam tubuh. Hampir 25% energi yang dihasilkan tubuh digunakan oleh otak.

Jika kita tidak sarapan pagi, secara otomatis kandungan gula dalam darah menjadi rendah. Hal ini menyebabkan kurangnya bekal nutrisi pada otak menurun. Akibatnya, Banyak sel-sel otak akan mati dan keseluruhan otak akan menjadi kurang aktif pada hari tersebut.

2. Makan Berlebihan

Kebalikan dari kurang sarapan, ternyata makan berlebihan juga bisa merusak otak manusia. Hal ini terjadi karena makan berlebihan menyebabkan aliran darah lebih banyak dialirkan kepada perut dan usus untuk tujuan pencernaan, sehingga pasokan darah yang sampai ke otak berkurang. Selain itu, makan berlebihan juga mengakibatkan mengantuk, malas dan hilang daya fokus.

3. Merokok

Merokok menjadi salah satu penyebab rusaknya otak kita. Berdasarkan penelitian, asap yang dihasilkan dari seorang rokok sangat berbahaya. 

Kandungan racun dalam asap rokok secara perlahan akan merusak fungsi otak. Asap demikian mengandung pelbagai racun dan boleh membunuh banyak sel-sel otak.

4. Kelebihan Gula

Gula yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi dalam tubuh. Ia juga dapat mengganggu perkembangan otak yang sehat. 

Baiknya kurangi makanan yang mengandung zat gula tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak makan buah dan sayur.

5. Menghirup Udara Tercemar

Selain penggunaan tenaga tubh yang besar, ternyata otak juga merupakan pengguna oksigen terbesar dalam badan manusia. Menghirup udara tercemar akan menyebabkan kerusakan sel sel otak. 

6. Tidur Yang Berlebihan

Tidur yang cukup baik untuk kesehatan otak kita. Kebalikannya, tidur secara berlebihan akan menyebabkan otak kurang aktif dan melemahkan daya berfikir seseorang. Baiknya, buatlah jadwal tidur secara teratur. 

7. Menutup Wajah saat Tidur

Otak kita sangat membutuhkan oksigen yang bagus. Ini bisa didapat dengan cara mengatur nafas dengan baik. 

Tidur dengan menutup wajah, telungkup, menutup dengan bantal, dengan buku maupun dengan lengan tangan secara tidak langsung akan mencegah sirkulasi udara dengan baik.

Karbon dioksida yang terperangkap pada saat menutup wajah saat tidur sangat tidak baik. Jika ini terjadi secara terus menerus, tak ayal otak akan kekurangan oksigen. 

8. Kurang Berimajinasi

Berimaginasi merupakan bakat alami yang dimiliki otak. Artinya, berimajinasi merupakan satu cara yang baik untuk mengasah otak kita. Kurang berimajinasi menyebabkan tahap kecerdasan otak menurun.

9. Jarang Berfikir

Jarang atau bahkan tidak berfikir menyebabkan otak kita menjadi lambat dan tidak aktif. Maka, selalu berfikir akan melatih otak kita. Kadangkala kita perlu berpikir dengan keras dan kreatif agar otak kita tidak rusak.

Demikianlah artikel tentang hal-hal sepele yang dapat merusak otak kita. Semoga bermanfaat.