Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban dan Soal Uraian USBN Agama Katolik Kelas 12 SMA/SMK

Pada kesempatan kali ini, kami akan memposting 5 buah soal uraian USBN Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk siswa kelas XII SMA/SMK beserta kunci jawabannya.

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti merupakan satu dari kesekian mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa-siswa beragama katolik di semua jenjang pendidikan. Baik siswa SD/SMP, SMA, SMK wajib mendapatkan pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti ini.

Pendidikan Agama Katolik ini menjadi wajib karena merupakan salah satu dasar harus dimiliki oleh penduduk warga negara Indonesia. Hal ini sesuai dengan sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.


Dari sila tersebut, Negara kita secarategas melarang warganya untuk tidak beragama. Warga Indonesia memiliki hak asasi untuk memilih agama masing-masing. Baik Agama Kristen, Katolik, Islam, Konghucu, Budha, Hindu dan agama kepercayaan harus dijunjung tinggi. Tidak boleh ada unsur paksaan dari dan kepada individu ataupun kelompok.

Terlepas dari itu semua, kita harus terus belajar dan belajar menjadi manusia yang lebih baik. Tidak ada alasan bagi seorang siswa untuk bermalas-malasan. Semua bisa dipelajari dan dikembangkan.

Soal Uraian USBN Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK beserta Kunci Jawaban

Soal Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini dibuat dan diujikan pada ujian tahun kemarin. Soal ini dibuat oleh guru MGMP Agama Katolik dari kota Semarang Jawa Tengah.

Kualitas soal ini tidak perlu diragukan lagi. Kawan-kawan semua bisa mempelajari soal Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini dengan bebas. 

Jangan kawatir! Kami melengkapi soal ujian ini dengan kunci jawaban. Jadi, kawan-kawan semua bisa berlatih dan berlatih menjadi lebih baik.

Keterangan Soal:
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti 
Kurikulum  : 2013 
Program             : IPA/IPS/BAHASA
Kode Soal*) : …………………………..
Hari/ Tanggal : …………………………..
Jumlah Soal : 5 Soal Uraian dengan kunci Jawaban

Jawablah soal/pertanyaan dengan uraian yang tepat pada Lembar Jawab yang disediakan! 

  1. Jelaskan 3 (tiga) cara membina hati nurani dengan baik , dalam kehidupan sehari-hari!
  2. Jelaskan 3 (tiga) makna Perkawinan Katolik adalah Sakramen!
  3. Berikan 3 (tiga) contoh tindakan menghargai hidup dalam kehidupan sehari-hari!
  4. Dalam Injil Matius 5:37 dikatakan “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.” Dari kutipan ayat tersebut, sebutkan 4 (empat) contoh konkret sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan sekolah!
  5. Dalam Kejadian 2:1-3 dikatakan “Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh  telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan   yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya,   karena pada hari itulah Ia berhenti   dari segala pekerjaan penciptaan  yang telah dibuat-Nya itu.” Dengan melihat kutipan teks Kitab Suci ini. Apa makna hubungan kerja dan istirahat? 

Kunci Jawaban Soal Uraian USBN Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK

1. 
a. Mengikuti suara hati dalam segala hal. Artinya seseorang yang selalu berbuat sesuai dengan hati nuraninya, hati nurani akan semakin terang/berwibawa. Keyakinannya akan menjadi sehat dan kuat dan dipercaya orang lain karena memiliki hati yang murni dan mesra dengan Allah.
b. Mencari keterangan pada sumber yang baik. Dengan membaca Kitab Suci, dokumen Gereja dan buku lain yang bermutu. Bertanya kepada orang yang punya pengetahuan/pengalaman dan dapat dipercaya serta ikut dalam kegiatan rohani:retret,rekoleksi,dll.
c. Koreksi diri/instrospeksi. Bisa dilakukan dengan berdoa dan meneliti batin sebelum tidur malam.

2. 
a. Sakramen adalah tanda kehadiran Allah yang menyelamatkan manusia. Dalam perkawinan Katolik kehadiran Allah yang mencintai dan menyelamatkan dialami melalui pasangannya
b. Perkawinan Katolik melambangkan cinta Allah kepada manusia
c.   Perkawinan Katolik melambangkan cinta Kristus kepada Gereja-Nya

3. 
1) menjaga kesehatan,
2) menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, 
3) berolah raga rutin, 
4) beristirahat yang cukup, 
5) dll (kebijaksanaan guru)

4. 
a. Tidak menyontek saat ulangan
b. Tidak berbohong unutk menutupi kesalahan
c. Mengatakan sesuai kenyataan tidak mengurangi maupun menambahi
d. Dll (kebijaksanaan guru)

5. 
a. Kerja dan istirahat merupakan dua hal yang saling melengkapi.
b. Perlu diingat bahwa sebuah pekerjaan akan bernilai karena manusia sendiri bernilai
c. Kitab Kejadian menceritakan bahwa Allah sendiri juga bekerja. Sebagai pencipta Ia bekerja 6 hari lamanya dan beristirahat pada hari ke-7. Sebagai citra Allah manusia harus meneladan Dia. Karena dengan bekerja manusia memuliakan Allah dan mengabdi kepada-Nya sebagai tujuan akhirnya.
d. Dalam Kitab Suci dikatakan bahwa Tuhan tidak hanya bekerja tetapi juga beristirahat.
e. Dalam firman Tuhan terkandung tiga kewajiban manusia yaitu bekerja, beristirahat dan melindungi mereka yang harus bekerja dalam ketergantungan


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban dan Soal Uraian USBN Agama Katolik Kelas 12 SMA/SMK"

------------------------------------------------