Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA Semester Genap

ambar

Pada postingan kali ini, kami akan membagikan contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA Semester 2. Soal Bahasa Indonesia ini dibuat oleh guru yang berkompeten, jadi jangan ragu tentang kredibilitas soal ini.

Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA Semester Genap

Kawan-kawan semua bisa berlatih menggerjakan soal PAT ini. Untuk Selengkapnya, perhatikan cuplikan soal tersebut di bawah ini!
A. Soal Pilihan Ganda.
Kerjakanlah soal-soal berikut dengan memilih jawaban yang benar A, B, C, D, atau E pada  lembar jawaban yang tersedia!

1. Surat permohonan yang dibuat oleh pelamar kerja untuk dikirim pada pencari tenaga kerja guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan pencari tenaga kerja disebut…
A. surat lamaran pekerjaan
B. surat izin
C. surat kuasa
D. surat perjanjian
E. surat dinas

2. Penulisan alamat surat yang tepat adalah…
A. Yth. Wiryo Utomo Jalan W.R. Supratman 63 Bandung
B. Kepada: Yth. Wiryo Utomo Jl. W.R. Supratman 63 Bandung
C. Kepada Yth: Wiryo Utomo Jl. W.R. Supratman 63 Bandung
D. Kepada: Yth, Wiryo Utomo Jl. W.R. Supratman 63 Bandung
E. Kepada Yth. Wiryo Utomo Jl. W.R. Supratman 63 Bandung

3. Perhatikan kalimat di bawah ini
    Besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak pimpin.Untuk itu,saya sangat mengharapkan kabar baik dari Bapak.Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.
Kalimat di atas merupakan bagian dari…
A. pembuka surat lamaran pekerjaan
B. isi surat lamaran pekerjaan
C. balasan surat lamaran pekerjaan
D. penutup surat lamaran pekerjaan
E. ucapan terima kasih dari pelamar

4. Bacalah paragraf berikut!
    Dimulainya Pemerintahan Orde Baru ditandai dengan penyerahan kekuasan dari Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto pada 22 Februari 1967. Pada masa awal menjalankan pemerintahan, banyak tantangan yang dihadapi oleh Jenderal Seoharto, terutama dalam mengatasi konflik berkepanjangan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Maka, kebijakan dalam negeri yang diambil pada masa-masa awal pemerintahan bertujuan untuk menstabilkan berbagai sektor fundamental, seperti pertanian dan perdagangan.
    Di sektor pertanian, capaian tertinggi pada awal pemerintahan orde Baru adalah swasembada beras. Swasembada beras adalah merupakan tekad utama pemerintah saat itu untuk mengatasi kondisi Indonesia yang sedang kritis. Langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah pertanian saat itu adalah dibangunnya prasarana pertanian, seperti irigasi, perhubungan, dan teknologi pertanian lainnya. Selain itu, cara-cara bertani yang tepat guna disertai penggunaan teknologi pun terus disampaikan melalui penyuluhan. Langkah tersebut kemudian berhasil membuat Indonesia mengalami swasembada beras. 
Makna tersirat yang terdapat dalam teks tersebut adalah ...
A. Pemerintah Orde Baru hanya berfokus pada masalah pertanian.
B. Masalah pertanian merupakan masalah paling pokok yang dihadapi masyarakat.
C. Swasembada beras mengakibatkan majunya teknologi pertanian Indonesia.
D. Saat itu dilakukan penyuluhan tentang langkah-langkah menuju swasembada beras.
E. Dibangunnya irigasi mengantarkan Indonesia swasembada beras pada saat itu.

5. Bacalah paragraf di bawah ini!
(1) Perdagangan obat-obatan terlarang semakin bertambah. (2) Angka penggunaan narkoba di Indonesia sangat tinggi dan sekitar 60% berasal dari kaum pelajar. (3) Hal tersebut memberikan pengaruh pada pertambahan angka kegagalan pelajar di Indonesia. (4) Kepolisian pun tidak kurang melakukan berbagai operasi anti narkoba. (5) Tingginya jumlah pecandu tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan pengetahuan terhadap narkoba. 
Kalimat utama teks di atas adalah …
A. kalimat pertama 
B. kalimat kedua 
C. kalimat ketiga
D. kalimat keempat 
E. kalimat kelima


6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1)Sudah tiga hari aku mogok bicara dan memeram diri.Semua ketukan pintu aku balas dengan kalimat pendek,”sedang tidur”. (2) Dalam hati aku berharap Amak berubah pikiran melihat kondisi anak bujangnya yang terus mengurung diri ini.(3) Amak memang berusaha menjinakkan perasaanku dengan mengajak bicara dari balik pintu.Suaranya cemas dan sedih.(4) Tapi, tiga hari berlalu, tidak ada tanda-tanda keinginan keras Amak goyah.(5) Tidak ada tawaran yang berbeda tentang sekolah, yang ada hanya imbauan untuk tidak mengunci diri.
Pembuktian watak tokoh Amak yang kukuh pada pendiriannya terdapat pada kalimat nomor…
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
 
7. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
(1) Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang  anak bernama Eric?" Ia menjawab, "Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. (2) Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (3) "Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (4) Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. (5) ”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan.
Bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

8. Bacalah teks berikut !
    Seorang pengacara muda yang cemerlang mengunjungi ayahnya, seorang pengacara senior yang sangat dihormati oleh penegak hukum.
    “Tapi aku datang tidak sebagai putramu,” kata pengacara muda itu, “aku datang ke mari sebagai seorang pengacara muda yang ingin menegakkan keadilan negeri yang sedang kacau ini.”
    Pengacara tua yang bercambang dan jenggot memutih itu, tidak terkejut. Ia menatap putranya dari kursi rodanya, lalu menjawab dengan suara yang tenang dan agung.
    “Apa yang ingin kamu tentang, anak muda?”
    Pengacara muda tertegun. “Ayahanda bertanya kepadaku?”
    “Ya, kepada kamu, bukan sebagai putraku, tetapi kamu sebagai ujung tombak pencarian keadilan di negeri ini yang sedang dicabik-cabik korupsi ini.” (Putu Wijaya, “Peradilan Rakyat”)
Hal dalam kutipan cerpen yang masih ditemukan di masyarakat saat ini adalah ...
A. seorang anak bersikap kurang santun kepada ayahnya.
B. seorang anak yang sedang berdebat dengan ayahnya
C. keadilan negeri ini yang sedang dicabik-cabik korupsi
D. seorang ayah yang ingin menguji ketangguhan anaknya
E. keluarga pengacara tengah membicarakan kondisi negeri ini

9. Bacalah teks berikut!
    Sayangnya orang-orang dusun cuma kebagian jadi satpam, tukang tebang kayu, tukang angkut kayu di pabrik bubur kertas itu. Tak ada yang diangkat jadi bos. (dari novel Harimau Harimau! karya Mochtar Lubis)
Makna simbolik kata satpam, tukang tebang kayu, tukang angkut kayu dalam teks tersebut adalah ....
A. pekerjaan kasar
B. masyarakat pinggiran
C. masyarakat miskin
D. masyarakat kelas bawah
E. masyarakat menengah

10. Bacalah kutipan puisi berikut!
...
Mama,
Burung dara jantan yang nakal
yang sejak dulu kau piara
kini terbang dan telah menemu jodohnya
Ia telah meninggalkan kandang yang kau buatkan
dan tiada akan pulang
buat selama-lamanya
Kata bercetak miring pada kutipan puisi tersebut tergolong majas...
A. Metonimia
B. Personifikasi
C. Simile
D. Perumpamaan
E. metafora

11. Bacalah paragraf di bawah ini!
(1)Badan Pertanahan Nasional menyatakan ada 73 juta hektare lahan telantar(.2) Lahan jutaan hectare tersebut layaknya tidak dibiarkan telantar.(3) Undang-undang agrarian menyebutkan semua hak atas tanah mempunyai fungsi social.(4) Pemerintah dituntut memiliki kebijakan dan strategi pertanahan nasional, membagi dengan jelas peruntukan lahan pertanian, industri, permukiman, dan hutan.(5) Hal itu akan menjamin kepastian hokum sehingga setiap orang dapat bekerja dan berproduksi dengan tenang.
Kalimat fakta terdapat pada kalimat nomor…
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)
E. 4) dan 5)

12. Bacalah kutipan paragraf dari tajuk rencana di bawah ini!
    Sekolah-sekolah masih membutuhkan sumbangan supaya bisa menyediakan sarana dan prasarana yang layak bagi murid-muridnya.Syukur-syukur tidak hanya skadar layak, tetapi juga yang tebaik.   Sumbangan tersebut bersifatbtidak mengikat, baik jumlah maupun waktu. Jadi, harus dibedakan dari pungutan yang jelas-jelas telah dilarang sekolah.
    Sumbangan itu bisa dari orang tua atau wali murid, bisa pula dari kalangan luar sekolah, misalnya swasta.Ada pula bebrapa sekolah, khususnya swasta yang merintis kerja sama dengan yayasan atau sekolah di luar negeri. Langkah seperti itu dapat ditiru oleh sekolah negeri. Dengan demikian, kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah-sekolah negeri.
Opini penulis tajuk rencana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah…
A. orang tua murid harus menyumbang sekolah untuk sarana dan prasarana
B. sekolah dapat meminta sumbangan orang tua murid untuk sarana dan prasarana
C. kalangan luar sekolah jelas-jelas dilarang dimintai sumbangan sekolah
D. beberapa sekolah merintis kerja sama dengan yayasan atau sekolah luar negeri
E. kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah negeri

13. Bacalah paragraf di bawah ini!
    (1) Tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh pemerintah agar produksi dalam negeri dicintai adalah dengan menggerakkan loyalitas konsumen dalam negeri untuk selalu menggunakan produksi dalam negeri. (2) Loyalitas konsumen ini penting. (3) Sebab, ujung dari strategi penguatan dan peningkatan produksi dalam negeri adalah "gemar produk Indonesia."
    (4) Gerakan cinta produk dalam negeri dapat dimulai dengan kampanye, iklan, publik figur, modelling, dan penguatan. (5) Kampanye telah dilakukan oleh pemerintah dengan membuat iklan layanan masyarakat di beberapa stasiun televisi

14. Arti kata kampanye dalam paragraf di atas adalah ….
A. meminta bantuan
B. meminta dukungan
C. sosialisasi program
D. gerakan melawan
E. usaha mendukung
  
15. Cermati kutipan cerpen berikut!
Angin pergantian musim semakin kencang berembus, mengantar hawa dingin yang menembus ketebalan jaket yang kukenakan. Aku meraskan suasana malam ini tidak biasanya. Aku merasa ada yang aneh. Bulu kuduku berdiri. Sesekali lolongan anjing di kejauhan menambah suasana malam semakin mencekam. Kuletakan Al-Quran kecil di pengkuanku ke tempatnya. Aku bangkit menuju kamar di samping surau. Langkahku tiba-tiba terhenti. Sekelebatan aku melihat bayangan hitam di bawah pohon nangka di samping rumah. Aku menajamkan penglihatan. (Santet, Ida Royani, S.Pd.)
Kalimat komentar yang menyatakan keunggulan sesuai dengan kutipan tersebut adalah …
A. Cerpen tersebut menarik karena menggambarkan suasana malam yang menakutkan dan diperkuat dengan lolongan anjing.
B. Bahasanya mudah dipahami, tetapi saying pesan yang ingin disampaikan pengarang kurang tergambar secara jelas.
C. Pengarang berhasil menghadirkan latar suasana pada malam hari yang menakutkan melalui dialog dan perilaku tokoh.
D. Pengarang menggunakan kata-kata yang biasa dijumpai sehari-hari sehingga dapat menghidupkan suasana cerita.
E. Latar suasana dan latar waktu saling mendukung untuk menghadirkan cerita yang lebih menarik.

16. Cermati teks berikut!
(1) Produksi film nasional kini semakin meningkat dengan tema yang beragam. (2) Bisa dikatakan film layar lebar telah menunjukkan kemajuan yang cukup dengan adanya beragam ... dan mulai berkurangnya film yang berbau horor . (3) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi para sineas film Tanah Air yang semakin berkreasi dan cerita yang menarik dalam menciptakan film. (4) Sayang perkembangan perfilman nasional tidak dibarengi dengan perkembangan film dengan genre anak-anak. (5) Film anak-anak ialah film yang digunakan untuk membangun karakter anak sejak dini di tengah serbuan film impor, khususnya Hollywood yang semakin marak. 
Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah...
A. Genre
B. Genus
C. Tema
D. Latar
E. Teater

17. Cermati teks rumpang berikut!
(1) Karena sering banjir inilah, kota-kota besar ini “sedang” mencari metode efektif yang ramah lingkungan untuk mengatasinya. (2) Salah satunya adalah menciptakan daerah tangkapan air hujan lalu mengalirkannya ke sungai atau kolam penampung, seperti waduk, situ, danau, atau embung. (3) Jakarta dan Semarang kembali dilanda banjir. (4) Metode efeltif adalah metode yang akan digunakan untuk mengatasi berbagai masalah, khususnya masalah banjir. (5) Bagi Jakarta, Semarang, dan kota-kota besar lainnya, banjir datang ketika musim hujan tiba merupakan hal yang biasa.
Urutan kalimat yang benar agar menjadi paragraf padu adalah...
A. (3) – (5) – (1) - (4) – (2)
B. (3) – (5) – (2) – (1) – (4)
C. (5) – (3) – (1) – (2) – (4)
D. (5) – (2) – (4) – (3) – (1)
E. (4) – (2) – (3) – (5) – (1)

18. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Ya, caranya bermacam-macam, tetapi juga harus dengan cara hati-hati dan baik-baik, misalnya bertanya kepada pemimpin perusahaan mengenai masalah itu. Akan tetapi, ingat! Jangan disampaikan dalam bentuk ramai-ramai atau unjuk rasa sebab nanti bisa meresahkan masyarakat,” jawab Maman.
“Iya …yah, tetapi siapa yang berani jadi perwakilan kita? Sebab tentu dia pun takut dianggap yang bukan-bukan sehingga dikeluarkan dari perusahaan,” kata Ahmad.
“[ ... ] Mau berniat baik menuntut hak sebagai pekerja, kadang-kadang dianggap sebagai penghasut dan perusak ketenangan kerja dan lain-lain,” desah Hadi.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah …
A. Mari kita tetap semangat berjuang!
B. Memang itulah kekhawatian kita.
C. Janganlah kita terus khawatir.
D. Siapakah yang memahami kita?
E. Bagaimana nasib kita nanti?

19. Cermati urutan kalimat berikut!
(1) Hal itu diungkapkan agar tidak ada lagi tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena kekeringan.
(2) Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3) Oleh karena itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4) Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5) Akibatnya, banyak tanaman padi yang terkena puso.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D.(3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)

20. Cermati paragraf berikut!
Masih segar dalam ingatanku, waktu aku tinggal bersama nenek di kampung karena kedua orang tuaku merantau. Nenek sangat menyayangiku. Begitu pula aku, sangat menyayangi nenek. …. Aktivitas apa pun yang dilakukan nenek aku ikut serta, seperti ke sawah, ke ladang, menghalau bebek. Aktivitas ini bagian seni kehidupan di kampung yang sangat menyenangkan dan mengesankan sepanjang hidupku.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Kami melalui hari-hari dengan gembira, senang, dan penuh kasih sayang.
B. Kasih sayang adalah pengikat yang sangat baik antara manusia di dunia ini.
C. Saling menyayangi di antara anggota keluarga harus selalu tercipta.
D. Sangat banyak jasa nenek yang saya rasakan dan tidak akan bisa dibalas.
E. Sering nenek bercerita tentang masa kecilnya yang penuh kenangan.

Demikian Postingan kami tentang Soal PAT  Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK  yang dapat kami sajikan. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close