Soal A Online PPG Bahasa Indonesia SMP

Pada postingan kali ini, kami akan membagikan latihan soal online PPG Mapel Bahasa Indonesia untuk para guru SMP. Tujuan ambarisna.com membagikan soal ini murni hanya untuk berbagi alias gratis.

Bapak ibu guru bisa mempelajari atau berlatih soal ini kapan-pun dan dimanapun. Akan sangat menyenangkan jika soal latihan PPG ini bisa bermanfaat untuk bapak ibu guru semuanya.

Soal Online PPG Bahasa Indonesia SMP

Terlebih, untuk menghadapi Pretes PPG saat ini. Semoga bapak ibu guru semuanya bisa lolos dan mengikuti Program PPG sesuai keinginan.

Selengkapnya, bapak ibu bisa berlatih dengan mengerjakan soal online Bahasa Indonesia SMP tersebut di bawah ini.

Latihan Soal Pretes PPG Bahasa Indonesia SMP

Petunjuk:
  • Berdoalah sebelum mengerjakan Latihan Soal PPG ini.
  • Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar!

1. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Indikator yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...
 A. menentukan struktur organisasi teks laporan hasil observasi.
 B. menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
 C. menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil observasi
 D. menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
 E. menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi.

2. Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ... .

 A. pengetahuan faktual
 B. pengetahuan metakognitif
 C. pengetahuan prosedural
 D. pengetahuan konseptual
 E. keterampilan

3. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik mencermati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Ia kemudian mendata hal-hal yang perlu diketahui, kemudian mencari dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan telaah pustaka serta kemudian menuangkannya dalam laporan yang sudah disepakati. Setelah selesai, kemudian menyajikannya secara lisan di depan kelas. Pembelajaran menulis ini menggunakan pendekatan ... .

 A. inquiry
 B. saintifik
 C. discovery
 D. berbasis proyek
 E. berbasis masalah

4. Seorang guru meminta parra peserta didiknya untuk mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan, dan mempresentasikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan ... .
 A. inquiry
 B. saintifik
 C. discovery
 D. berbasis proyek
 E. berbasis masalah

5. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Media yang paling sesuai untuk mencapai kompetensi dasar tersebut adalah media ... .

 A. audio dan atau audio visual
 B. visual dan atau cetak
 C. audio visual dan atau visual
 D. audio dan atau IT
 E. noncetak dan atau cetak

6. Seorang guru akan mengajar kompetensi dasar 4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. Sumber pembelajaran yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ... .

 A. lingkungan sekolah
 B. kumpulan cerita rakyat atau hikayat
 C. berbagai buku referensi
 D. rekaman drama dari televisi
 E. teks berita dalam surat kabar

7. Setelah selesai mengajar kompetensi dasar kompetensi dasar 4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan guru harus melakukan penilaian. Instrumen penilaian pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut sebaiknya berupa ... .

 A. angket
 B. tes lisan
 C. tes performansi
 D. tes pilihan ganda
 E. rubrik penilaian proyek

8. Perhatikan penggalan RPP berikut ini!Bagian dari penggalan RPP yang tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah

 A. pendekatan
 B. metode
 C. media pembelajaran
 D. sumber belajar
 E. metode dan model pembelajaran

9. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik idividu maupun kelompok. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan ...

 A. inquiry
 B. saintifik
 C. discovery
 D. berbasis proyek
 E. berbasis masalah

10. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik memilih dan menyepakati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Mereka kemudian merumuskan masalah dan menyusun hipotesis. Selanjutnya mencari dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, telaah pustaka, serta melakukan pembuktian atas hipotesis sebelumnya. Setelah mendapatkan data maka disusun sebuah kesimpulan. Model pembelajaran menulis yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah ... .

 A. inquiry
 B. saintifik
 C. discovery
 D. berbasis proyek
 E. berbasis masalah

Related Posts

Posting Komentar