Soal (Paket A) USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK beserta Kunci Jawabannya

ambar

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan secara gratis kumpulan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional mata pelajaran Penjasorkes atau PJOK. Soal USBN ini diperuntukan untuk siswa Kelas 12 SMA/MA dan SMK sederajat.

Soal USBN PJOK ini merupakan salah satu soal yang diujikan pada saat Ujian Sekolah berlangsung. Soal USBN ini merupakan hasil musyawarah guru MGMP PJOK kota Semarang. Jadi, kawan-kawanku semuanya tidak usah ragu dan bimbang dengan soal PJOK ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, PJOK merupakan mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang pendidikan formal di negara kita. Materi pelajaran PJOK tidak jauh dari urusan dunia olahraga dan kesehatan.

Contoh Soal USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK beserta Kunci Jawaban

Sesuai dengan namanya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan disingkat PJOK menjadi salah satu pengetahuan dasar untuk siswa tentang tatacara hidup sehat, bagaimana menjadi manusia olahrga dan cara menjaga kesehatan sejak dini.

Soal USBN ini menjadi sangat penting dipelajari karena selain untuk menambah pengetahuan tentang ilmu keolahragaan, kawan-kawan semua bisa menjadi lebih tahu tentang hasil belajar mengajar yang telah kawan semua lakukan.

Hal ini disadari bahwa untuk mengetahui hasil sebuah pendidikan, maka diperlukan adanya evaluasi pendidikan. Nah, soal USBN ini menjadi salah satu alat evaluasi yang bisa digunakan untuk mengukur kemampuan kawan-kawan semua.

Jangan kawatir. Soal yang akan kawan-kawan kerjakan ini disertai dengan kunci jawaban pada akhir soal. Jadi kawan semuanya bisa mengetahui berapa jumlah yang kira-kira kawan dapatkan melalui latihan Soal USBN ini.

Selengkapnya, silakan kerjakan tes soal USBN PJOK di bawah ini!

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT !
1. Dalam permainan sepak bola setiap pemain dituntut untuk menguasai tehnik bermain dan mempunyai kondiisi fisik yang baik sehingga dalam melakukan permainan sepak bola dalam 2 x 45 menit mampu menerapkan tehnik dan strategi bermain, tehnik dalam permainan sepak bola yang digunakan oleh pemain untuk memberikan bola kepada teman satu tim dengan tujuan untuk menguasai permainan. Teknik mengoperkan bola jarak jauh, bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola adalah ….
A. Kaki bagian luar
B. Kaki bagian dalam
C. Punggung kaki
D.  Tumit
E.  Kura-kura kaki

2. Variasi dan kombinasi teknik dasar sepak bola merupakan gabungan beberapa teknik dasar yang dilakukan dalam satu rangkaian, dengan tujuan agar setiap pemain dapat memperkirakan efek dari mengumpan, mengontrol, menggiring dan menendang. Dalam menerima bola ada dua (2) macam, yaitu bola yang langsung dihentikan (stoping) dan menerima dalam arti menguasai bola (controling).  Dalam hal ini setelah dihentikan terus dimainkan dibawa bergerak atau diberikan teman. Pada saat bola melambung, bagian badan untuk menerima bola adalah dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar, dan anggota badan lain seperti paha, dada dan kepalA.Teknik menerima bola dengan kepala disebut menyundul (heading). Posisi perkenaan bola yang benar dalam tehnik menyundul bola (heading) adalah ….
A. kepala bagian dahi
B. kepala bagian belakang
C. kepala bagian belakang
D. ubun-ubun kepala
E. muka atau wajah

3. Perhatikan gambar dibawah !
 
Salah satu teknik dalam permainan bola voli, seperti gambar diatas. Teknik tersebut dinamakan .….
A.passing bawah
B. passing atas
C. service bawah
D.  service atas
E.  block

4, Teknik dalam permainan bola voli dimulai dari sikap berdiri, kedua kaki dibuka selebar  bahu dan kedua lutut agak ditekuk. Badan agak condong ke depan, pandangan ke arah datangnya bolA.Kedua tangan dirapatkan dan diluruskan ke depan badan. Perkenaan bola pada bidang datar lengan bawah dekat pergelangan tangan. Saat perkenaan, gerakan kedua lengan ke atas dengan sumber gerakan dari pangkal bahu kemudian luruskan kedua lenghan. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras lemahnya kecepatan bola yang datang. Teknik  ini sering digunakan pemain untuk mengoper bola pada teman dalam satu tim. Gerakan teknik tersebut dinamakan…. 
A.passing bawah
B. passing atas
C. service bawah 
D.  service atas
E.  smash 

5. Tehnik passing dalam permainan bola basket terdiri atas 3 (tiga) macam dengan fungsi dan kegunaan serta cara melakukan yang berbeda sesuai dengan jarak dan posisi pemain yang akan menerima dengan operan. Tehnik passing yang dilakukan oleh pemain dengan operan setinggi dada dalam permainan bola basket disebut dengan …
A.side pass  
B. sheat pass  
C. bounce pass 
D.  long pass
E.  chest pass

6. Perhatikan gambar dibawah ini !
Permainan bola basket yang bertujuan untuk mencetak angka ke keranjang lawan dan mencegah tim untuk mencetak . Masing-masing tim dalam usaha mencetak angka dilakukan dengan teknik dan taktik yang digunakan. Jika salah satu anggota tim melakukan pelanggaran, maka akan diberikan tembakan hukuman. Gambar diatas menunjukkan isyarat tentang ....
A. travelling
B. doble dribbling
C. poin yang didapat
D.  tembakan
E.  pelanggaran

7. Perhatikan gambar dibawah ini !
Perhatikan gambar di atas. bahwa dalam permainan bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun luar ruangan dan dilakukan dengan memukul dan menangkis bola yang terbuat dari bulu (shuttlrcock) dengan menggunakan raket. Dalam memainkannya diawali dengan melakukan servis sebagai penyajian bola awal untuk memulai permainan. Tehnik pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain pada nomor ganda adalah ….
A. long service
B. short service
C. mediuam service 
D.  backhand service
E.  flick service

8. Dalam permainan bulutangkis salah satu anggota pasangannya lebih kuat dari yang lain, maka pemain yang lemah maka pemain yang lemah berada di diepan (dekat net), sedangkan  yang lebih kuat mengawasi  seluruh lapangan bagian depan. Taktik atau sistem permainan ini sering dinamakan ...
A.sistem pertandingan
B. sistem depan belakang
C. sistem bergantian
D.  sistem berdampingan
E.  sistem kanan kiri

9. Pada sebuah pertandingan softball seorang pelempar bola (pitcher ) harus memeuhi syarat sah sebuah lemparan penyajian bola ke pada pemukul (batter). Lemparan pitcher  kea rah pemukul bila arah bola meluncur  dengan ketinggian di atas bahu melewati atas home plate, maka lemparan pitcher tersebut oleh umpire akan dikatakan dengan ….  
A. strike
B. ground ball
C. double tim 
D. ball
E.  home run

10. Perhatikan gambar dibawah !
 
Gambar di atas adalah contoh tehnik lemparan pitcher  yang mana lemparan harus memutar bahu, setengah putaran maupun satu putaran penuh, syarat yang lain agar lemparan pitcher  sah adalah ….
A.menggunakan tangan kanan
B. semua kaki lepas dari base plate
C. salah satu kaki menginjak base plate
D.  kedua kaki harus menginjak pitcher plate
E.  kaki harus melangkah

11. Perhatikan gambar dibawah !
 
Pemberi mengoperkan tongkat dengan gerakan mendorong ke atas dan mendorong tongkat sejauh mungkin ke tangan penerimA.Penerima menerima memegang tongkat diantara huruf “V” yang terbentuk oleh jari dan ibu jari penerimA.Pernyataan di atas merupakan tehnik operan ….
A. operan visual
B. operan luar
C. operan dalam
D.  operan upsweep
E.  operan downsweep

12. Pada suatu perlombaan lari estafet, ada salah satu pelari memasang tanda pada lintasan di jalurnya sendiri, dengan menempelkan pita raket pada lintasannya sendiri. Dari kejadian tersebut maka pelari dinyatakan....
A.sah
B. pembatalan
C. penggunguran
D.  peringatan
E.  diskualifikasi

13. Lompat jangkit pada prinsipnya sama dengan  lompat jauh, hanya pada lompat jangkit pada tahap bertumpu diawali dengan langkah jingkat baru kemudian melompat. Bila diurutkan pelaksanaan rangkaian gerak lompat jangkit meliputi awalan lari, gerak bertumpu dilanjutkan jingkat, kemudian melangkah dan melompat kemudian mendarat. Karena awalan langkah jingkat dan melompat lompat jangkit disebut juga dengan ...
A.long jump
B. trible jump
C. hight jump
D.  jump step jump
E.  fligtht

14, Saat melakukan teknik lompat jangkit pada waktu berjingkat, kaki pendek harus mendarat dengan aktif dan siap menendang, pada tahap iniayunana kaki bebas pada posisi...
A.vertikal
B. horizontal
C. ke belakakg
D.  ke depan
E.  diayun ke depan

15. Lomba lari sprint yajg lain mengikuti  pola dasar yang sama, tetapi panjang dan pentingnya   tahapan relatif bervariasi. Dalam aspek biomekanika kecepatan lari ditentukan oleh panjang langkah dan frekuensi langkah (jumlah langkah dalam per satuan waktu). Pelari jarak pendek, kunci pertama yang harus bear-benar dikuasai adalah start jongkok. Sedangkan aba-aba dalam start jongkok adalah ....
A.bersedia ... siap ... ya ...
B. bersedia ... siap ... go...
C. bersedia ... siap ... mulai...
D.  siap ... bersedia ... ya ...
E.  siap ... bersedia ...  lari ...

16. Perhatikan gambar dibawah !
 
Finish adalah garis penentu dalam sebuah perlombaan. Garis finish dijadikan acuan dalam setiap perlombaan karena garis finish adalah penentuan akhir untuk menjadi juara pada setiap perlombaan. Pada olahraga atletik  cabang lari, melewati garis finish disebut dengan  nama Finishing Action. Cara memasuki garis finish yang banyak dilakukan oleh atlit lari jarak pendek adalah ...
A.menjatuhkan salah satu kaki tepat di garis finish
B. lari terus tanpa merubah kecepatan hingga melewati garis finish
C. kepala melihat garis finish
D.  menjatuhkan slaah satu tangan ke depan
E.  condongkan dada ke arah depan, ayunkan tangan ke belakang 

17. Rahardjo Fiddaroin adalah seorang siswa SMA yang gemar melakukan olahraga secara rutin sehingga dia mempunyai kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas/beban tinggi (berat) tanpa mengalami rasa lelah yang berlebih dan masih mempunyai cadangan  tenaga  untuk melakukan aktivitas yang lain seperti belajar, membersihkan rumah dan lainnya, dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa Rahardjo Fiddaroin mempunyai ... yang baik.
A.kekuatan fisk
B. daya tahan tubuh
C. kebugaran jasmani
D.  stamina tubuh
E.  kemampuan fisik

18. Kecepatan atau speed merupakan kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang sesingkat-singkatnyA.Bentuk latihan yang dapat dilakukan dalam kecepatan adalah ....
A.lari zig zag
B. sit - up
C. push – up
D.  lari cepat 60 meter
E.  half squat

19. Surini merupakan salah satu atlet lari, dalam sebuah latihan untuk meningkatkan kondisi fisiknya dia  melakukan latihan dengan bergantung pada palang tunggal kemudian mengangkat badannya naik hingga dagunya mencapai batas palang dan kemudian diturunkan dengan perlahan. Hal ini dilakukan beberapa kali. Latihan kekuatan yang dilakukan Surini disebut ...
A. push up
B. pull up
C. sit up
D. back up
E. squat trus

20. Kemampuan otot atau sekelompok otot untuk melakukan kerja secara eksplosif. Latihan ini dipengaruhi oleh kekuatan dan kontrakksi otot. Dalam kehidupan sehari-hari latihan ini diperlukan untuk memindah suatu benda  dari satu tempat ke tempat yang lain yang dilakukan secara tiba-tibA.Bentuk-bentuk latihan ini dapat dilakukandengan melompat kedua kaki(double leg bound), melompat dengan kaki secara bergantian, lompat jongkok, lompat dua kaki dengan box. Aktivitas kebugaran jasmani ini disebut ...
A.daya ledak
B. kecepatan
C. kelentukan
D.  daya tahan
E.  kekuatan

Kunci Jawaban Soal (Paket A) USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK
1 A 11 D
2 A 12 E
3 D 13 D
4 A 14 D
5 E 15 D
6 C 16 E
7 D 17 B
8 A 18 D
9 A 19 B
10 D 20 A

Jika Berkenan, silakan lanjut ke Soal Nomor 21- 40 ini.

Demikian Soal (Paket A) USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK beserta Kunci Jawabannya yang dapat kami bagikan. Semoga soal ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close