Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Permohonan Bantuan beserta Rincian Dana

ambarisna.com- Selamat siang sahabat ambarisna.com. Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan tuhan selalu memberikan perlindungan untuk kita semua. Amiin. Baik, pada kesempatan ini, ambarisna.com akan membagikan proposal permohonan bantuan aspal jalan.

Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dibidang ekonomi dibutuhkan sarana prasarana pendukung dilingkungan masyarakat desa berupa sarana umum seperti jalan aspal yang memenuhi standar dilingkungan desa. Letak geografis desa yang cukup strategis dan kandungan potensi desa sumber daya alam yang baik banyak melahirkan peningkatan produktifitas bidang pertanian, akan tetapi masih ada beberapa kelemahan dalam infrastruktur desa.

Dewasa ini, untuk mendapatkan bantuan baik dari pemerintah maupun pihak swasta, kita diharuskan membuat/ mengajukan proposal bantuan. Tentu ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan pembuatan proposal. Namun, ada beberapa diantara kita yang harus mati-matian membuat proposal tersebut. Hal itu, disebabkan karena kita tidak tahu tentang prosedur pembuatan proposal tersebut. Begitu juga dengan rincian dana atau anggaran yang ingin kita gunakan. Benarkah demikian?

Tenang saja sahabat ambarisna.com. berikut ini kami sampaikan contoh proposal Permohonan Bantuan.
-------------------------------------------------------------------------


Semarang, 18 Maret 2019

Lamp.   :  1 bendel

Hal        :  Permohonan Bantuan

 

 

Kepada

Yth. Kepala Daerah

di Tempat

 

 

Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dibidang ekonomi dibutuhkan sarana prasarana pendukung dilingkungan masyarakat desa berupa sarana umum seperti jalan desa yang memenuhi standar dilingkungan desa. Letak geografis desa yang cukup strategis dan kandungan potensi desa sumber daya alam yang baik banyak melahirkan peningkatan produktifitas bidang pertanian, akan tetapi masih ada beberapa kelemahan dalam infrastruktur desa.

 

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka dengan ini kami warga Kampung Watusari RT 02 RW IV Kelurahan Patemon Kec. Gunungpati Kota Semarang  memohon dengan  hormat kepada pemerintah untuk dapat memberikan bantuan rehabilitasi jalan sepanjang 3500 m  berupa Aspal sebanyak 65 drum untuk perbaikan jalan desa yang terletak di Kampung Watusari RT 02 RW IV Kelurahan Patemon Kec. Gunungpati Kota Semarang.

 

Aspal tersebut nantinya akan kami pergunakan untuk menambal jalan-jalan yang telah rusak dan terkelupas aspalnya dengan cara gotong royong dan swadaya masyarakat lingkungan masing-masing RT./RW.

 

Demikian permohonan kami, besar harapan permohonan tersebut dapat terkabulkan dan terealisasinya bantuan ini panitia mengucapkan banyak terima kasih.


Ketua Panitia,                                                        Sekretaris,


ABDUL AZI                                                         NUR SOLEKAN


Mengetahui,
Camat Gunungpati,




KUSTANTO, SH.MM
Pembina
NIP 15141415 198103 1 00


TEMBUSAN: Kepada Yth:

1.  Kabag. Kesmas Setda Kota Semarang;

2.  Camat Gunungpati;

3.  Arsip.

  

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN

A S P A L

 

A. Latar belakang

Penyediaan prasarana merupakan bagian terpenting dalam upaya pengembangan dan pembangunan wilayah. Tersedianya prasarana yang memadai dapat meningkatkan kebersihan lingkungan dan menunjang kegiatan sosial ekonomi. Prasarana dasar seperti jalan yang tidak baik dapat menimbulkan masalah aksesibilitas bagi masyarakat yang tinggal wilayah tersebut yang juga berdampak pada rendahnya estetika Desa dan berkurangnya kenyamanan masyarakat. Namun demikian, perkembangan desa yang cepat secara langsung berdampak pada bertambahnya jumlah jalan dan beban pembiayaan pemerintah yang besar terhadap pembangunan dan pemeliharaan prasarana tersebut.

Kampung Watusari RT 02 RW IV merupakan salah satu kampung yang secara administratif masuk dalam Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati. Kampung Watusari memiliki jumlah penduduk yang tergolong padat. Warga memiliki pendapatan penduduk yang kian meningkat menjadikan kampung Watusari RT 02 RW IV termasuk kampung dengan intensitas kegiatan penduduk yang tinggi dengan mata pencaharian petani, pedagang, pengusaha dan pegawai. Tingkat pendidikan warga di Kampung Watusari RT 02 RW IV juga tergolong lebih baik dengan jumah pelajar dan mahasiswa yang kian meningkat dari tahun ke tahun dan diperkirakan 100% penduduknya sudah sadar pendidikan.

Berangkat dari keadaan tersebut tentunya perlu diimbangi pembangunan yang sepadan baik sarana maupun prasarana sehingga akan terkesan sinkronisasi antara kemakmuran rakyatnya dengan fasilitas yang ada, salah satunya adalah sarana jalan.

Besar harapan kami rencana tersebut dapat menggerakkan dan menumbuhkan serta meningkatkan kualitas, kemampuan Sumber Daya Manusia sehingga pada akhirnya manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

B. Tujuan

  1. Menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran;

  2. Memperlancar akses transportasi sehingga dapat dengan mudah Masyarakat mengangkut hasil Pertanian, Perkebunan dan lain-lain;

  3. Meningkatkan perekonomian  sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat;

  4. Meningkatkan Indek Pembangunan Manusia di Kampung Watusari RT 02 RW IV pada khususnya, umumnya seluruh masyarakat yang ada;

 

C. Usulan Proyek 

Kebutuhan prasarana dan sarana transportasi merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak karena dengan kondisi jalan yang kurang baik, akan berdampak pada ketertinggalan Kemajuan masyarakat khususnya dalam hal peningkatan perekonomian dan kesehatan lingkungan yang tentunya berdampak pada kesejahtraan masyarakat diberbagai aspek kehidupan.

Adapun ruas jalan yang kami usulkan adalah sebagai berikut:

  1. Jenis Proyek        : Pengaspalan Jalan Lintas Desa 

  2. Lokasi Proyek      : Kampung Watusari RT 02 RW IV Kelurahan Patemon 

  Kec. Gunungpati Kota Semarang 

  1. Volume Proyek    : Panjang 5.732 Meter  dan Lebar 4,75 Meter

  2. Sifat Peroyek        : Baru

  3. Manfaat Proyek    

  • Memperlancar arus transportasi masyarakat

  • Memudahkan masyarakat dalam hal pengangkutan hasil pertanian, terbentuknya tata ruang desa yang baik serta kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

  • Meningkatkan taraf hidup petani/Kelompok Tani beserta anggotanya. 

  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani/Kelompok Tani beserta anggotanya

  • Berorientasi pertanian berwawasan bisnis.

 

D.  PENUTUP

Keberhasialan suatu program sangat ditentukan oleh itikad baik semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Hal ini dikarenakan bahwa pembangunan merupakan tanggung jawab bersama dan hasil pembangunan tersebut akan bermanfaat pula bagi pemerintah dan masyarakat, demikian pula dalam perbaikan prasarana dan sarana transportasi akan dapat dilaksanakan apabila adanya pehatian terutama dari pemerintah, karena apabila ditangani oleh masyarakat hal ini belum memungkinkan, sebab keterbatasan teknis dan dana akhirnya melalui proposal ini kami mengharapkan perhatian dan bantuan dari Bapak untuk kegiatan Pengaspalan Jalan tersebut.

 

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami agar permohonan kami ini dapat dikabulkan. Atas bantuan dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

 

 Ketua Panitia,                                                        Sekretaris,



ABDUL AZI                                                         NUR SOLEKAN


---------------------------


PANITIA PENGASPALAN JALAN DALAM DESA

DESA TUNGGUL PANDEAN

KECAMATAN NALUMSARI KABUPATEN JEPARA

 

Penanggung jawab  :  

Penasehat    :  

Ketua      :  

Sekretaris    :  

Bendahara     :  


SEKSI-SEKSI

Pembangunan :  

Humas :  

Keamanan :  

Konsumsi     

Logistik    



---------------------

RENCANA ANGGARAN

 

 

NO

URAIAN

HARGA SAT

JUMLAH

1

Sewa wales

350.000

700.000

2

Batu kris

1.000.000

4.000.000

3

Pasir

1.000.000

5.000.000

4

Abu Batu

5.000.000

5

Kayu bakar

2.000.000

6

Transportasi

500.000

7

Tenaga kerja

2.800.000

JUMLAH

20.000.000

KETERANGAN :

 Untuk aspal diimohonkan ke Pemerintah Kabupaten Jepara, dan diharapkan segera terealisasi.

Ketua Panitia,                                                        Sekretaris,



ABDUL AZI                                                         NUR SOLEKAN

Demikian contoh Proposal Permohonan Bantuan Aspal. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Permohonan Bantuan beserta Rincian Dana"

------------------------------------------------