Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML # adsen1

[WAJIB BACA] 7 Situs Belajar Online Terbaik Di Masa Pandemi

Wabah Covid-19 ini mengharuskan kita untuk stay home alias di rumah aja wampai waktu yang tidak ditentukan. Kita tidak boleh kemana-mana, apalagi berangkat ke sekolah. Bingung kan mau ngapain aja? Ndak usah bingung. Belajar online juga bisa menjadi kegiatan positif yang dapat kita lakukan pada masa pandemi ini. situs belajar online menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kita untuk tetap produktif, belajar apa saja, di mana saja, kapan saja dengan modal hp dan paket data. 

Dengan ikut kelas belajar online, kita bisa mendapatkan tambahan pengetahuan, bisa mengembangkan diri dan mengasah skill yang kita miliki. Keren, bukan? Sebab, skill yang kita miliki ini secara tidak langsung akan menjadi salah satu bekal kita di masa depan nanti. 
Jadi, mari manfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya. Gunakan waktu kita untuk belajar online, sharing ilmu pengetahuan dan jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Tuhan. 

Nah, kabar baiknya, ada banyak sekali situs belajar online yang dapat kita manfaatkan secara gratis lo! apa sajakah itu? 

Pada artikel ini, kami akan membahas apa saja laman situs belajar online yang paling rekomended banget untuk kalian. 

Situs Belajar Online untuk Guru dan Siswa 

1. Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id)

7 Situs Belajar Online Terbaik Di Masa Pandemi


Situs ini merupakan situs belajar onlne besutan kementerian pendidikan dan kebudayaan Negara Indonesia. Situs ini mengembangkan portal pembelajaran online yang diberi nama Rumah Belajar. Situ belajar daring ini menyediakan materi serta media pembelajaran untuk siswa PAUD hingga SMA/SMK. 

Hal yang membuat situs ini istimewa adalah anda bisa mengkases buku sekolah elektronik (BSE) terbaru yang diupdate setiap semester. Selain itu, produk dalam laman ini dihasilkan oleh para pakar, guru yang berkecimpung langsung dengan sekolah. Menarik bukan? 

Namun sayangnya, materi dalam portal belajar ini masih terbatas. Tidak semua materi pembelajaran dalam situs ini lengkap. Selain itu, loading laman website ini masih berat. Butuh kesabaran ekstra untuk mengakses laman ini. 

2. Ruang Guru 

Ruang guru merupakan salah satu situs belajar online terbesar di Indonesia. Situs yang didirikan oleh mantan alumni beasiswa LPDP ini, menyediakan website belajar gratis untuk pelajar SD SMP SMA dan SMK. Untuk memanfaatka situs ini, kalian bisa mengakses laman https://bimbel.ruangguru.com atau mendonwload aplikasinya di playstore juga app store. 

Sama seperti Zenius, situs belajar online ruangguru juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan situs ini adalah: 

Ø Kurikulum atau materi belajar disampaikan secara terstruktur. 
Ø Lengkap dengan quiz sehingga lebih menarik dan menyenangkan. 
Ø Memiliki tampilan visual yang bagus. 

Adapun kekurangan dari situs ini adalah: 
Ø Pembahasan materi yang kurang mendalam 
Ø Karena kualitas yang bagus, sehingga cepat menghabiskan kuotan yang kalian miliki. 
Ø System belajar yang konvensional. Jadi skill belajar siswa kurang terasah. 

3. Kelas Pintar 


7 Situs Belajar Online Terbaik Di Masa Pandemi

Website https://kelaspintar.id ini menawarkan materi pembelajaran dari tingkat dasar SD sampai tingkat SMA. Hampir semua materi pembelajaran dalam situs ini tersedia lengkap. 

Kelebihan dari situs buatan PT Extramarks Education ini adalah kelengkapan materi dari tingkat SD hingga SMA. Adapun materi dalam situs ini meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PJOK, PKWu, TIK, PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Biologi, Fisika, dan Kimia. Sedangkan kekurangan dari situs ini adalah setelah masa trial 7 hari habis, kalian harus membayar biaya langganan bulanan untuk menikmati aplikasi ini. 

4. Zenius (www.zenius.net) 



Zenius adalah situs belajar online pertama kali di Indonesia. Situs ini berdiri sejak 2007. Laman Zenius menyediakan materi materi belajar dari pendidikan SD sampai SMA. Materinya berupa video dan ebook yang berisi kumpulan Bank soal. 

Berdasarkan pengalaman, banyak user yang merekomedasikan situs ini. Terlebih untuk kalian yang suka eksak atau pelajaran IPA. 

Ada dua cara untuk mengakses situs ini. yang pertama, kalian bisa mengunduh aplikasinya di playstore maupun appstore. Yang kedua, kalian bisa mengakses situs ini secara manual di www.zenius.net. Silakan pilih sesuai kenyamanan yang kalian inginkan. 

Sebagaimana sebuah situs, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari situs belajar ini. 

Kelebihan: 
Ø Lebih terjangkau. Dalam situs ini kalian bisa mengakses dan mengunduh puluhan ribu video pembelajaran secara gratis. 
Ø Lengkap. Karena bertujuan untuk membantu mencerdaskan anak bangsa, situs ini terhitung lengkap untuk semua jenjang pendidikan dan kurikulum. 
Ø Paket data yang murah. Kalian tidak harus menggunakan peket data yang besar untuk mengakses situs belajar ini. 

Kekurangan: 
Ø Video pembelajaran tidak mencakup semua materi. Artinya ada beberapa materi yang tidak dilengkapi dengan video pembahasan. 
Ø Soal latihan yang disediakan dalam situs ini tergolong masih rendah, belum sampai pada level HOT. 
Ø Kualitas video tergolong buruk dan tidak bisa diunduh. 
Ø Latihan soal masih kurang lengkap. 

5. Quipper School (https://quipper.com) 

7 Situs Belajar Online Terbaik Di Masa Pandemi
Quipper School merupakan salah satu situs belajar online yang disediakan khusus siswa SMP dan SMA. Situs ini secara khusus diciptakan untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan aktifitas pembelajaran secara daring. 

Kelebihan dari situs ini dari materi yang diajarkan lebih mengeksplorasi kemampuan kritis siswa karena beberapa materi belum pernah diajarkan di sekolah formal. 

Kekurangan dari situs ini adalah system belajar yang mirip dengan pembelajaran di sekolah. Guru masih berperan secara aktif atau guru sentris. Jadi, pembelajaran dapat berlangsung jika guru dan siswa sama-sama aktif di situs ini. 

6. Sekolahmu (https://www.sekolah.mu/tanpabatas)


Situs Sekolah.mu menawarkan program-program pilihan untuk murid, supaya murid bisa memilih program sesuai dengan fokus dan impian yang ingin diraih. Sekolah.mu menawarkan 9 kompetensi yang dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan materi pembelajaran. 9 kompetensi tersebut adalah cerdas, inovatif, berprinsip, berkomitmen, mandiri, bekerjasama, komunikatif, reflekstif, dan berorientasi pada tindakan. Sayangnya, untuk mengakses sekolah.mu ini, siswa harus merogoh uang dari Rp. 0 s/d Rp 200.000,00. 

7. Google G Suites for Education 



Google G Suites for Education merupakan saha satu situs besutan google yang dirancang untuk membantu dunia pendidikan. Situs belajar ini meliputi pengaturan file documents, spreadsheets, dan presentations. Selain itu, guru dan siswa bisa menggunakan layanan google classroom yang simpel. Untuk pengorganisasiannya, google juga menyediakan laman calendar. Pokoknya mantab abis kalo kalian bisa mengakses laman ini. Apalagi jika kalian jago memanfaatkan fasilitas yang disediakan google ini. 
Menurut pendapat pribadi, tidak ada kekurangan sama sekali pada situs belajaronline milik google ini. Hanya kuota yang berlimpah yang menjadi saran agar kalian tidak ketinggalah dalam belajar dari situs Google G Suites for Education ini. 

Optimalkan Belajar Daring Kalian! 

Dalam kondisi pandemi saat ini, kita rasa semua orang memiliki peluang yang sama untuk belajar. Tidak ada salahnya jika kalian mengambil salah satu dari 7 laman situs belajar online tersebut. 

Saran saya, jangan terlalu pusing menentukan mana website belajar daring yang tersedia. Sesuaikan dengan kemampuan kalian. Jangan sampai pendidikan dan kemampuan kalian berantakan gara-gara covid ini. Optimalkan belajar daring kalian. Tetap sehat, dan sampai ketemu dengan teman-teman di sekolah. Salam. 

Posting Komentar untuk "[WAJIB BACA] 7 Situs Belajar Online Terbaik Di Masa Pandemi"