Sinopsis Singkat Cerita Wayang Dewa Ruci dengan Bahasa Jawa Sehari-hari

ambar

Apa kabar, kawan? Semoga kalian selalu sehat dan dilindungi Gusti Allah Yang Maha Kuasa. Amin. 

Pada kesempatan baik ini, kami akan membagikan Sinopsis Cerita Wayang Dewa Ruci kepada kawan-kawan semua.

Inti pokok dari Sinopsis adalah untuk ringkasan segala peristiwa yang terjadi dalam cerita. Ringkasan tersebut dilakukan tanpa mengubah inti dari teks tersebut. Biasanya cara ini digunakan untuk memberikan pemahaman singkat kepada pembaca tentang naskah yang akan dibaca.

Baca juga: 5 Hobi yang membuat kita pintar

Sinopsis adalah ringkasa. Sinopsis Cerita Wawyang berarti adalah ringkasan cerita wayang. Ringkasan ini bertujuan untuk mempermudah kita memahami sesuatu teks tanpa membaca keseluruhan teks tersebut.

baca juga: Apa itu Cerita Wayang?

Dewa Ruci merupakan salah satu dewa yang terdapat dalam epos cerita wayang Mahabarata. Dewa ini digambarkan sebagai dewa kecil yang dapat masuk ke dalam telinga Bima, Putra Prabu Pandhudewanata. Nah, berikut ini kami sampaikan Sinopsis Cerita Wayang Dewa Ruci selengkapnya.


Sinopsis Singkat Cerita Wayang Dewa Ruci

Dewa Ruci

Kacaritakake Bima ora tenang uripe. Dheweke kepingin nduweni ilmu sing luwih sampurna. Mula, dheweke banjur nemoni gurune, Resi Durna.

Bima cerita apa anane. Resi Durna banjur ngutus Bima supaya nggoleki banyu Tirtapawitrasari ing gunung Candradimuka.

Sadurunge mangkat menyang gunung Candradimuka, Bima pamit karo ibu lan sedulure. Krasa abot banget ibune, Dewi Kunthi ngeculake Bima. Nanging dheweke ora bisa menggak tekade anake.
baca juga: Contoh Soal Ulangan Cerita Wayang Kelas X SMA
Ing gunung Candradimuka, Bima ketemu lan tarung lawan raksasa loro, Rukmuka lan Rukmakala. Bima bisa ngalahake raksasa mau. Raksasa malih dadi Bathara Indra lan Bathara Bayu.

Bathara Indra lan Bathara Bayu banjur njelaske yen Tirtapawitrasari ora ana ing gunung kene. Bima dikongkon mulih lan nyuwun supaya gurune luwih jelasake tirta mau.

Bima banjur mulih lan ngadhep gurune, Resi Durna.

Resi Durna njur njelasake yen nembe Bima dites. Resi Durna banjur njelaske yen sabenere tirtapawitra ana ing tengah segara. Kanthi tekad sing temen, Bima menyang segara.

Ing pinggir segara, Bima dadi ragu. Dheweke kepikiran apa bisa dheweke njegur nglangi ing segara sing banget ambane. Bima banjur mentepke atine.

Ing tengah segara, Bima ketemu ula naga. Ora kena ora Bima kudu tarung yen ora kepingin digubed ula mau.

Ula mati lan malih dadi Dewa Ruci. Ing kono Bima diajari bab ilmu kasampurnan sing dipengini. Bima seneng banget amarga bisa meruhi apa sing dikarepake.

baca juga:  Sinopsis Cerita Wayang Bima Bungkus dengan Bahasa Sehari-hari 

Ing pungkasane cerita Bima banjur mentas. Dheweke ngrumangsani isih akeh kewajiban sing kudu ditindakake.

Demikian Sinopsis Cerita Wayang Dewa Ruci. Tentunya cerita wayang ini akan mengalami perbedaan versi dari satu sama lain. Hal itu lumrah terjadi. Intinya adalah isi dari ceria wayang ini tersampaikan kepada pembaca yang budiman.

Salam

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close