Kumpulan Soal Uraian USBN Biologi Kelas 12 SMA/MA Terbaru (update 2020)

ambar
Selamat malam semuanya. Semoga kawan-kawan semua selalu dalam keadaan sehat wal afiyat. Amiin.

Pada postingan kali ini, kami ambarisna.com akan membagikan beberapa contoh soal uraian dari Soal USBN mata pelajaran Biologi.

Soal USBN Biologi 6

Seperti yang kawan semua ketahui, setelah ujian nasional ditiadakan, sekolah mempunyai kebijakan tersendiri untuk menentukan kelulusan siswanya.
 
Dalam menentukan kelulusan tersebut, Sekolah memiliki beberapa pertimabangan, diantaranya adalah nilai semua mapel pada kelas X sampai dengan kelas XII diambil rata-rata dengan nilai USBN.

baca juga: Nah, pada artikel di bawah ini, kami akan membagikan contoh soal USBN Biologi yang bisa kawan-kawan gunakan sebagai referensi ketika belajar atau menghadapi soal-soal USBN tersebut.
 
Contoh Soal Uraian Ujian Sekolah Berstandar Nasional SMA
Keterangan Soal:
  • Mata Pelajaran: Biologi
  • Kelas/Semester: XII / Genap
  • Jumlah Soal Pilihan Ganda: 0 Soal
  • Jumlah Soal Uraian: 13 Soal tanpa Jawaban
Jawablah soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!
 
1.      Tingkat pemakaian  kendaraan bermotor di lingkungan kita sekarang ini semakin tinggi, bahkan hampir setiap siswa di sekolah selalu mengendarai sepeda motor setiap harinya. Jika hal ini berlangsung terus menerus , jelaskan dampak negatif  yang dapat ditimbulkan dari asap pembakaran terutama kendaraan bermotor bagi kualitas udara dan temperatur global permukaan bumi ini
 
2.      Lengkapilah tabel mekanisme pembentukan urin di bawah ini!Soal USBN Biologi
3.      Buatlah rancangan percobaan sederhana untuk membuktikan bahwa proses pertumbuhan memerlukan  cahaya matahari !tentukan tujuan alat bahan yang diperlukan dan cara kerja.
 
4.      Gambar berikut menunjukkan proses yang terjadi apabila sel darah di letakkan dalam larutan yang berbeda konsentrasinya .

Buatlah analisis yang terjadi pada tabung a, b, dan c!
 
5.      Reklamasi pantai yang dilakukan pemerintah dan bekerjasama dengan pihak swasta di beberapa kota besar berdampak pada perubahan ekosistem pantai. Jelaskan 4 dampak yang terjadi ( baik positif maupun negatif ) dari kegiatan tersebut !
 
6.      Dalam sistem organ ekskresi, ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting untuk  mengeluarkan sisa metabolisme berupa urin. Jelaskan 3 tahapan proses pembentukan urin dilengkapi dengan nama bagian serta hasilnya.
 
7.      Suatu penelitian berjudul “Pengaruh pupuk urea terhadap kecepatan pembentukan bunga pada tanaman cabai usia dua bulan”. Berdasarkan judul penelitian tersebut, buatlah usulan rancangan penelitian yang meliputi:
a.         rumusan masalah
b.        hipotesis
c.         variabelbebas
d.        variable terikat
e.         variable control

8.      Perhatikan peta silsilah dari keluarga hemofilia berikut!
Contoh Soal Uraian USBN Biologi
Pertanyaan:
a.    Jelaskan 2 (dua) hal yang kamu ketahui tentang penyakit hemofilia?
b.    Berdasarkan peta tersebut, tentukanlah  genotip orang 1 dan orang 2! Jelaskan jawabanmu!
9.      Pertambahan jumlah penduduk di Indonesia memberikan beberapa dampak negatif terutama bagi lingkungan. Salah satunya yaitu kerusakan lingkungan yang terjadi dalam ekosistem perairan. Analisislah dampak yang terjadi sehingga mengganggu kesetimbangan ekosistem perairan !
 
10.  Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal meliputi suhu udara, cahaya, kelembapan, ph tanah, serta kesediaan air dan mineral. Susunlah rancangan percobaan pengaruh  kesediaan air terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman!
 
11.  Sebuah sel tumbuhan diletakkan ke dalam sebuah wadah berisi larutan (x) seperti pada gambar, setelah ditunggu beberapa jam, sel tampak seperti gambar Y.            
Contoh Soal Uraian USBN Biologi
Analisislah proses perubahan yang terjadi pada gambar X menjadi gambar Y !
 
12.  Perhatikan gambar dibawah ini!
      
Jika hutan banyak ditebang untuk dibangun rumah dan gedung seperti tampak pada gambar di atas. Berikan 5 buah analisis mengenai hal yang akan terjadi berdasarkan hal tersebut!

13.  Perhatikan percobaan terhadap erytrocyt berikut ini !
a.    Percobaan diatas adalah percobaan tentang proses ....
b.    Berikan analisismu apa yang akan terjadi terhadap erytrocyt pada masing-masing larutan dan  mengapa hal tersebut bisa terjadi ?

Demikian Contoh Soal Uraian USBN Biologi yang bisa kawan-kawan pergunakan untuk belajar. Selebihnya kami mohon maaf. Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close