Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Soal Pilihan Ganda USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK tanpa Kunci Jawaban

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan secara gratis kumpulan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional mata pelajaran Penjasorkes atau PJOK. Soal USBN ini diperuntukan untuk siswa Kelas 12 SMA/MA dan SMK sederajat.

Soal USBN PJOK ini merupakan salah satu soal yang diujikan pada saat Ujian Sekolah berlangsung. Soal USBN ini merupakan hasil musyawarah guru MGMP PJOK kota Semarang. Jadi, kawan-kawanku semuanya tidak usah ragu dan bimbang dengan soal PJOK ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, PJOK merupakan mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang pendidikan formal di negara kita. Materi pelajaran PJOK tidak jauh dari urusan dunia olahraga dan kesehatan.

Contoh Soal USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK tanpa Kunci Jawaban

Sesuai dengan namanya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan disingkat PJOK menjadi salah satu pengetahuan dasar untuk siswa tentang tatacara hidup sehat, bagaimana menjadi manusia olahrga dan cara menjaga kesehatan sejak dini.

Soal USBN ini menjadi sangat penting dipelajari karena selain untuk menambah pengetahuan tentang ilmu keolahragaan, kawan-kawan semua bisa menjadi lebih tahu tentang hasil belajar mengajar yang telah kawan semua lakukan.

Hal ini disadari bahwa untuk mengetahui hasil sebuah pendidikan, maka diperlukan adanya evaluasi pendidikan. Nah, soal USBN ini menjadi salah satu alat evaluasi yang bisa digunakan untuk mengukur kemampuan kawan-kawan semua.

Adapun soal yang sedang kawan baca ini tidak memiliki jawaban. Soal ini bisa kawan semua gunakan untuk berdiskusi dengan sesama rekan, tutor sebaya. Untuk guru, soal ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengetes kemampuan siswa.

Selengkapnya, silakan kerjakan tes soal USBN PJOK di bawah ini!

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT !
1. Teknik menendang bola bisa dengan kaki dalam, kaki bagian luar, punggung kaki atau pun dengan tumit. Teknik tendangan bola menggunakan bagian kaki akan menghasilkan arah tendangan yang berbeda- beda. Untuk melakukan umpan jarak jauh kita harus menendang bola mengunakan.....
a. Kaki dalam
b. Kaki luar
c. Punggung kaki
d. Tumit
e. Lemparan 

2. Pemain sepak bola harus mahir menguasai segala  teknik menghentikan bola yang datang kepadanya, karena bola datang bisa dari depan, dari samping, menyusur tanah ataupun melambung. Manakala ada bola datang melambung tinggi mengarah kepadanya, maka pemain tersebut harusnya mengontrol menggunakan ….
a. Kaki dalam
b. Kaki luar
c. Punggung kaki
d. Dada
e. Paha

3. Teknik dasar bola voli yang harus dikuasai pemain adalah service, passing, smash, block dan teknik lainnya. Teknik bola voli yang dipergunakan untuk menerima bola berada di atas kepala agar bola tersebut terselamatkan dan dapat diumpan pada temannya dengan menggunakan teknik …
a. Service bawah
b. Passing bawah
c. Service atas
d. Passing bawah
e. Smash

4. Salah satu serangan dalam permainan bola voli adalah smash, pada saat melakukan pukulan smash harus keras dan tepat masuk ke lapangan lawan. Tim yang menerima bola smash berusaha mengembalikan bola yang datangnya keras. Untuk dapat menerima smash keras dan mampu mengembalikan kembali teknik yang tepat digunakan adalah …
a. Passing atas
b. Passing bawah
c. Service
d. Block
e. Smash 




5. Permainan bola basket teknik mengoper bola kepada teman satu tim dapat digunakan untuk menyusun serangan dan menguasai permainan. Teknik mengoper bola dapat dilakukan dengan 3 (tiga) macam teknik sesuai dengan jarak dan kondisi pemain yang dituju. Apabila kita akan melakukan operan bola pada jarak yang dekat sedangkan pemain yang dituju tidak sedang dalam pengawalan pemain lawan, teknik operan yang paling tepat digunakan adalah teknik operan …
a. Side pass
b. Chest pass
c. Bounce pass
d. Long pass
e. Overhead pass

6. Pertandingan bola basket menerapkan peraturan-peraturan dalam memainkan bola, salah satu jenis pelanggaran dalam bermain yang dilakukan oleh pemain yang membawa bola lebih dari 2 langkah lebih adalah …
a. Personal foul
b. Technical foul
c. Travelling
d. Back ball
e. Three second

7. Peraturan permainan bulutangkis saat ini menggunakan perhitungan rally point, jika regu A melakukan service mengarah ke regu B, tetapi bola service tidak sampai digaris service dan bola tidak dipukul oleh regu B, maka permainan selanjutnya    adalah ….
a. Bola mati, point untuk regu A
b. Pindah bola, point untuk regu A
c. Pindah bola, point untuk regu B
d. Regu A point dan service kembali
e. Regu A mengulang service

8. Dalam permainan bulutangkis ada teknik dasar yang harus dikuasai pemain dan strategi saat bermain. Pada saat bertahan tim ganda bulutangkis bisa menggunakan sistem berdampingan, sedangkan saat situasi atau kondisi menyerang tim menggunakan sistem depan dan belakang merupakan bentuk sistem bulutangkis…
a. Sistem side by side
b. Sistem perorangan
c. Sistem front and back
d. Sistem circulate
e. Sistem campuran

9. Pemain softball berjumlah 9 pemain, ada yang bertugas infield dan outfield, masing-masing mempunyai tugas dan tanggung jawab pada posisinya masing-masing, pemain softball pada lapangan in field yang bertugas menjaga base 2 dan base 3 jika penjaga base 3 sedang menangkap bola disebut ….
a. Firsh base
b. Second base
c. Third base
d. Short stop
e. Center fielder

10. Pitcher atau pelambung adalah pemain yang menyajikan bola berupa serangan agar bola yang disajikan sulit untuk dipukul oleh better, bila pitcher telah memberikan 3 ball dan 2 strike, kemudian memberi lagi lemparan ball pada better, maka better selanjutnya adalah …
a. Better masih mempunyai kesempatan strike satu
b. Better mengulang memukul karena lambungan salah
c. Better menuju ke base satu tidak dimatikan / free walk
d. Better lari ke base satu dan bisa dimatikan
e. Better mati / out

11. Perhatikan gambit dibawah ini !
 
Tampak pada ilustrasi di atas sedang terjadi perpindahan toongkat estafet di lintasan masing-masing dan di wessel zone, tampak penerima tongkat pelari pada lintasan ke dua menerapkan perpindahan tongkat dengan teknik ….
a. Operan visual
b. Operan non visual
c. Operan dalam
d. Operan luar
e. Operan downsweep

12. Perhatikan gambar di atas menunjukkan bahwa atlit lari estafet sedang melakukan perpindahan tongkat dari pelari pertama ke pelari berikutntya, jika saat dalam perpindahan terebut tongkat estafet jatuh di luar lintasannya dan di luar daerah perpindahan maka …..
a. Tidak terjadi kesalahan dan tetap berlari tanpa tongkat
b. Tongkat diambil dan dilanjutkan berlari oleh pelari berikutnya
c. Diskwalifikasi team
d. Diskwalifikasi untuk pelari berikutnya
e. Diskwalifikasi untuk pelari pertama
13. Lompat jangkit disebut juga lompat tiga, yaitu gerakannya terdiri dari rangkaian tiga gerakan , pada tehnik lompat jangkit saat melakukan tolakan awal lompat jangkit menggunakan kaki kiri, maka gerakan beriktnya adalag menggunakan kaki ….
a. Kaki kiri, kanan dan mendarat
b. Kaki kanan, kanan dan mendarat
c. Kaki kiri, kiri dan kaki kanan
d. Kaki kiri dan mendarat
e. Kaki kanan dan mendarat





14. Dalam peraturan perlombaan lompat jangkit, atlit melakukan lompatan kemudian mendarat dengan posisi kedua kaki depan belakang dan setelah mendarat tangan atlit digunakan menyangga tubuh dibrlakang pantat, maka hasil lompatan tersebut      adalah ….
a. Diskwalifikasi
b. Sah diukur kaki yang belakang
c. Sah diukur kaki yang depan
d. Tidak sah tidak diukur
e. Sah diukur tangan yang dekat dengan papan tolakan

15. Lari sprint atau sering disebut juga lari jarak pendek adalh merupakan lari yang menempuh jarak antara 100 meter sampai jarak 400 meter. Oleh karena itu dalam setiap perlombaan untuk melakukan lari jarak pendek pelari memerlukan kecepatan dalam berlari. Selain itu juga tehnik dalam berjalan juga harus dikuasai.oleh pelari dari start menggunakan aba-aba “bersedia”, “siap”, “yak”.. posisi nadan pada aba-aba “siap” yait
a. Badan jongkok pandangan ke depan
b. Badan membungkuk lengan diangkat ke atas dan pandangan ke depan
c. Dari posisi jongkok memindahkan badan ke depan dan lengan di lurukan.
d. Beranjak meninggalkan garis stasrt
e. Dari posisi jongkok kemudian berdiri dan berlari

 
.
16. Gambar 1. Gambar 2
Perhatikan gambar diatas! Gambar tersebut adalah ilustrasi tehnik memasuki garis finish bagi atlit  lari sprint, karena tehnik tersebut sangat penting untuk menentukan urutan pelari saat memasuki garis finish. Dari gambar di atas atlit yang menggunakan  tehnik memutar badan saat memasuki garish finish adalah ….
a. Gambar 1 pelari lintasan 6
b. Gambar 2 pelari lintasan 4
c. Gambar 2 pelari lintasan 3
d. Gambar 1 pelari lintasan 4
e. Tidak ada dalam gambar 






17. Evan Dimas adalah salah satu atlit sepakbola nasional. Dalam durasi pertandingan 2 x 45 menit dia harus tetap menjaga stamina di pertandingan dengan baik. Agar stamina tetap terjaga dia harus latihan lari 2,4 km. bentuk latihan yang dilakukan oleh Evan Dimas adalah untuk melatih komponen kebugaran jasmani ….
a. Kecepatan
b. Kelincahan
c. Daya tahan
d. Kekuatan
e. Koordinasi

18. Andi  adalah atlet basket di sekolah, stiap saat dia berlatih dengan banyak melakukan gerakan-gerakan seperti sprint, lari zig zag lari bolak balik, dan naik turun tangga. Gerakan yang dilakukan Ansi tersebut merupakan komponen kebugaran jasmani pada aspek ….
a. Endurnce
b. Speed
c. Flexibility
d. Stregth
e. Power

19. Kekuatan merupakan unsure yang sangat pentng dalam aktivitas olahraga karena kekuatan merupakan daya penggerak dan pencegah cidera. Kekuatan juga memainkan peranan penting dalam komponen dan kemampuan fisik sesorang. Di bawah ini yang termasuk latihan kekuatan adalah …
a. Push up
b. Set up
c. Pull up
d. Back lift
e. Fleksibilitas

20. 1. Push up
2. Sprint
3. lari 15 menit
4. melompat dengan 2 kaki
5. lompat jongkok
6. melompat box dengan kaki bergantian
Dari pernyataan diatas yang termasuk bentuk latihan kebugaran jasmani pada aspek daya ledak adalah pada nomor …
a. 1, 2, 3
b. 2, 4, 5
c. 3, 4, 6
d. 4, 5, 6
e. 2, 5, 6






21. Seorang atlet senam harus banyak berlatih untuk kemampuan sendi dalam melakukan gerakan secara luas dan maksimal seperti melompat, meroda, kayang, split. Gerakan latihan yang dilakukan oleh pesenam merupakan komponen kebugaran jasmani pada aspek …
a. Strength
b. Endurance
c. Balance
d. Agility
e. Flegsibilitas

22. Untuk dapat melakukan tehnik meroda dengan baik tidak hanya dibutuhkan kelenturan dari pesanan, tetapi juga keberanian untuk melakukannya. Rangkaian garik meroda diawali dari gerak awalan, menjatuhkan badan kesamping, mengayun kaki dan kembali ke semula. Tehnik awalan pada meroda yang dilakukan dengan … 
a. Bertumpu dengan  kaki dibantu tangan
b. Berdiri kaki sejajar rapat, tangan lurus ke atas
c. Berlari secepat mungkin
d. Membuka kaki dan jinjit tangan lurus ke atas
e. Berdiri tegak menyamping tangan lurus ke atas

23. Tehnik gerakan meroda, pada saat kaki diayun maka badan dijatuhkan kesamping diikuti dengan telapak tangan sebagai penyangga ketika kaki berada di atas. Kesalahan yang sering dilakukan pada saat kaki berada di atas adalah ….
a. Kedua siku dibengkokkan
b. Telapak tangan terbuka lebar
c. Siku lurus
d. Pandangan ke bawah
e. Lemparan kaki membusur ke atas.

24. Kedua kaki dilentingkan ke depan dank e atas dibantu dengan tolakan kedua tangan, sehingga kedua kaki mendarat di lantai atau matras dengan sikap setengah jongkok atau berdiri membungkuk. Pada tahapan rollkeep tersebut sumber gerakan berasal dari ….
a. Tangan
b. Telapak tangan
c. Kaki
d. Pinggang
e. Punggung

25. pada soal no 24 dalam tahapan rollkeep pesenam pemula tidak bisa melakukan gerakan sampai dengan sikap setengah jongkok atau berdiri membungkuk. Kesalahan yang sering dilakukan pada tahapan ini adalah ….
a. Saat mengangkat kaki kedua lutut diluruskan
b. Meletakkan telapak tangan di samping kepala
c. Kaki diangkat tidak sampai belakang
d. Melecutkan tungkai dengan kuat
e. Pandangan ke bawah


26. Gerakan-gerakan dalam senam aerobic dilakukan sedemikian rupa dengan tehnik dan ketentuan anatomis tertentu ke dalam target latihan yang dengan diiringi iringan musik. Rangkaian gerak senam aerobic terbagi menjadi tiga bagian yaitu gerakan pemanasan, inti dan pendinginan. Yang tidak termasuk dari tujuan dilakukannya pemanasan adalah …
a. Meningkatkan suhu tubuh
b. Mempersiapkan otot-otot dan persendian
c. Melancarkan peredaran darah
d. Menaikkan denyut nadi
e. Meningkatkan sirkulasi cairan dalam tubuh.

27. Pemanasan adalah persiapan emosional, psikologis dan fisik untuk melakukan latihan. Salah satu fungsi melakukan pemanasan adalah untuk meningkatkan denyut nadi, selain itu juga otot-otot serta persendian yang akan dilatih siap lagi, sehingga dalam melakukan rangkaian latihan kita bisa ….
a. Terhindar dari cidera
b. Terlihat indah dan menarik
c. Bisa melakukannya dengan sempurna
d. Meningkatkan kekuatan
e. Menjadi bugar dan sehat

28. Gaya dada merupakan gaya berenang yang cukup santai sehingga popular untuk berenang dengan tujuan bersenang-senang. Gerakan yang halus membuat tubuh tidak terlalu capek saat berenang. Tehnik gerakan tangan renang gaya dada yang mudah dilakukan agar dapatr mengambil nafas yaitu saat tangan perenang dalam posisi …
a. Kedua tangan lurus di samping telinga
b. Salah satu tangan lurus dan berada di air
c. Tangan kiri lurus bdan tangan kanan berada di air
d. Kedua tangan berada di atas telinga
e. Kedua tangan berada di dalam air

29. Pada tehnik renang gaya dada, koordinasi gerakan antara tehnik tangan dengan gerakan kaki sangat mempengaruhi laju badan ke depan, gerakan tangan berfungsi membantu badan untuk mengambil nafas dan juga daya dorong ke depan, saat kedua tangan lurus ke depan maka gerakan kaki perenang yang benar adalah …
a. Kaki diayun ke atas dank e bawah
b. Kedua kaki dilecutkan mmenutup dari arah luar ke dalam
c. Kedua kaki secara bergantian menutup dari arah luar ke dalam
d. Kedua kaki ditekuk kemudian dilecutkan
e. Kedua kaki lurus rapat
30. Renang gaya bebas atau disebut renang gaya crowl, tehnik renang gaya bebas adalah perpaduan antara gerakan kaki, tangan dan ambil nafas, sehingga perenang bisa melaju ke depan dan dalam posisi vertical di air, tehnik gerakan kaki renang gaya yang paling efektif adalah ….
a. Gerakan naik turun dimulai dari pangkal paha
b. Gerakan kedua kaki lurus dilecut dari lutut
c. Gerakan naik turun dimulai dari lutut
d. Gerakan kaki melecut dari luar ke dalam
e. Gerakan kaki melecut dari dalam ke luar
31. Tehnik gerakan tangan pada renang gaya bebas sangat penting melakukan dengan benar karena tehnik gerakan tangan berpengaruh terhadap gerakan ambil nafas, jika perenang melakukan ambil nafas dengan menoleh kea rah kiri maka tehnik tangan yang benar adalah …
a. Kedua tangan lurus ke depan
b. Kedua tangan saat mengayun ke bawah
c. Tangan kiri berada di samping telinga di tekuk
d. Tangan kanan berada di damping telinga ditekuk
e. Tangan kanan lurus ke depan tangan kiri berputar diatas kepala

32. 1. Tranfusi darah
2. hubungan seksual
3. Kontak mata
4. Alat suntik
5. tukar menukar pakaian
6. ibu hamil terhadap anaknya
Pernyataan di atas adalah berbagai cara penularan HIV?AIDS terhadap manusia, penularan tersebut masih dapat dicegah apabila kita mau menjauhi sumber penularan dan mengetahui cara-cara penularannya. Cara penularan HIV/AIDS bisa melalui antara lain :
a. 1, 2, 3 dan 6
b. 2, 3, 4 dan 6
c. 1, 2, 4 dan 6
d. 2, 3, 5 dan 6
e. 1, 3, 5 dan 6

33. Dewasa ini HIV/AIDS telah merupakan pandemic, menyerang jutaan penduduk di dunia, pria, wanita bahkan anak-anak. Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) memperkirakan bahwa sekitar 15 juta orang diantaranya 14 juta remaja dan dewasa terinfeksi HIV, 1 juta bayi dilahirkan oleh ibu yang terinfeksi. Penyebaran HIV?AIDS di Indonesia lima tahun terakhir meningkat drastis, untuk itu pemerintah telah mencanangkan langkah-langkah untuk menanggulangi hal tersebut, di bawah ini yang tidak termasuk langkah-langkah tersebut antara lain ….
a. Memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS
b. Memasukkan materi tentang bahaya HIV/AIDS pada kurikulum
c. Membuka posko peduli HIV/AIDS
d. Memberi pengobatan bagi penderita yang sudah teridentifikasi
e. Mengedukasi masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS

34. 1. Orang yang melakukan tranfusi darah
2. melakukan hubungan diluar nikah
3. hubungan sesame jenis
4. makan bersama dengan penderita
5. menggunakan jarum suntik bergantian
6. serumah dengan penderita HIV
7. perawat yang sering berinteraksi dengan penderita
Penularan HIV/AIDS saat ini semakin didukung oleh pola pergaulan lingkungan yang dipengaruhi oleh pesatnya tehnologi komunikasi dan media audio video, demikian juga dengan orang disekitar kita yang rentan atau kelompok orang yang bisa beresiko terjangkit HIV/AIDS. Pernyataan diatas adalah orang/kelompok orang yang beresiko terjangkit adalah ….
a. 1, 2, 3 dan 5
b. 2, 4, 6 dan 7
c. 1, 2, 4 dan 5
d. 2, 4, 6 dan 7
e. 1, 3, 5 dan 7

35. Penyakit menular seksual atau PMS, kini dikenal dengan istilah infeksi menular seksual atau IMS, adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyebaran bisa melalui darah, sperma, cairan vagina, atau pun cairan tubuh lainnya. Salah satunya adalah sipilis yang gejala-gejalanya dimulai dari munculnya lesi atau luka pada alat kelamin atau pada mulut. Luka ini mungkin tidak terasa sakit, tapi sangat mudah untuk menularkan infeksi. Luka atau lesi ini akan bertahan selama 1,5 bulan dan kemudian menghilang dengan sendirinya. Sipilis ini disebabkan oleh …
a. Virus papiola
b. Bakteri Treponema pallidum
c. Bakteri Neisseria gonorrhoese
d. Bakteri Chlamydia trachomatis
e. Bakteri Haemophilus ducreyl

36. 1. Gonorhue 2. Sifilis 3. Clamida 4. HIV/AIDS 5. kandidiasis
6. Herpes Genital 8. Molluscum contagiosum
Pernyataan di atas adalah berbagai jenis penyakit yang penularannya melalui hubungan kelamin, penyebabnya berbeda-beda dari virus, bakteri, jamur, protozoa. Penyakit-penyekait tersebut yang disebabkan oleh jamur adalah …
a. 1, 2, 3
b. 2, 5,6,7
c. 2, 3, 4, dan 7
d. 1, 2 dan 4
e. 5

37. Dari pernyataan no. 36 penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus antara lain….
a. 1, 2, 3,
b. 2, 5, 6, 7
c. 4, 6, 7 dan 8
d. 1, 2 dan 4
e. 5, 6, 7 dan 8

38. Narkotika adalah zat yang berasal dari tanaman atau bukan yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan juga dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika terbagi menjadi tiga golongan. Berikut ini yang termasuk narkotika golongan 1 adalah..
a. Geroin, kokain, morfin
b. Heroin, abolisionistik, ekstasi
c. Kokain, morfin, codein
d. Kokain, morfin, codein
e. Ganja, heroin, codein

39. Narkoba dalam dunia media digunakan oleh dokter dengan alasan yang benar dan dengan kadar tertentu. Akan tetapi, kebanyakan orang menggunakan obat tersebut untuk tujuan lain dan tidak sesuai dosis dokter, sehingga berdampak negatif bagi pemakainya. Penyalahgunaan narkoba di Indonesia harus menerima sanksi hukum yang diberikan oleh pihak berwenang. Hukum pidana yang diberikan bagi pengedar / produsen adalah ….
a. Rehabilitasi
b. 3 tahun penjara
c. Sesui banyaknya narkoba
d. Seumur hidup dan ditambah denda
e. 10 tahun penjara

40. Penyalahgunaan obat artinya memakai obat tanpa indikasi medis karena penyakit atau hal lain yang dianjurkan oleh dokter. Penyebab seseorang terjerumus dalam narkoba yaitu rasa ingin tahu yang besar tanpa memahami akibat dari menggunakan narkoba, gaya hidup yang tidak didasari keimanan, ingin diakui oleh kelompok tertentu dan bisa juga karena depresi berat yang dirasakan seseorang. Hal-hal berikut ini yang tidak merupakan upaya pola hidup tidak sehat tersebut adalah …
a. Menolak bujukan
b. Belajar dengan sungguh-sungguh
c. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
d. Meningkatkan iman dan taqwa
e. Membuat kelompok sendiri dengan teman-teman baik

Posting Komentar untuk "40 Soal Pilihan Ganda USBN PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK tanpa Kunci Jawaban"