Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh bagian-bagian dalam Resensi Buku

Pada postingan kali ini, kami akan membagikan contoh-contoh bagian resensi buku. Silakan perhatikan postingan berikut.
a. Contoh Judul resensi
Judul semestinya harus mempunyai kesinambungan dengan isi resensi. Selain itu, judul yang menarik juga akan memberikan nilai lebih tersendiri.

b. Contoh Identitas buku
Data buku biasanya disusun sebagai berikut:
Judul buku
Judul asli (jika buku terjemahan)
Penulis
Penerbit
Kota terbit
Tahun terbit (beserta cetakannya jika ada)
Tebal buku/ jumlah halaman
Harga buku
Contoh identitas buku 
Judul Buku     : Media Pembelajaran Aktif
Penulis            : Utomo Dananjaya
Penerbit         : Nuansa Cendekia Bandung
Tahun terbit    : November 2010.
Tebal              : 342 halaman
Harga buku    : Rp 8 5. 000,00

c. Contoh Pendahuluan
Pendahuluan dalam teks resensi berisi penjelasan umum mengenai latar historis, sebab- sebab permasalahan, peristiwa-peristiwa umum, garis besar materi atau gambaran umum buku dan lain-lain.
Perhatikan contoh pendahuluan resensi berikut!
    Gagasan reformasi pendidikan dimulai dengan evaluasi kurikulum 1994 oleh Litbang Departemen Pendidikan yang menghasilkan buku potret kurikulum. Salah satu kesimpulannya menyebutkan kurikulum 1994 itu lebih mengutamakan materi yang dianggap tidak cocok lagi dengan tuntutan reformasi. Hal inilah yang mendorong pengubahan paradigma pendidikan ke arah kompetensi. Ikhtiar ini bukan saja untuk memperbaiki atau menyempurnakan, tetapi secara mendasar bermaksud mengubah paradigma pendidikan.
    Buku ini adalah hasil perkawinan antara progresivitas pendidikan modern yang menyandarkan pada kearifan lokal. Dengan kata lain Utomo tidak sekadar mengadopsi sistem baru dari Barat melainkan secara kritis menyerap hal yang baik dari luar dan menggali potensi-potensi positif dari kearifan lokal.

 d. Isi resensi "Cewek Smart"
Bagian ini berisi tentang sinopsis, yaitu ulasan singkat buku dengan kutipan singkat dan keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.
Perhatikan kutipan resensi berikut!
    Buku "Cewek Smart" di tulis untuk membantu para remaja perempuan supaya mampu menyikapi problematika sekitar. Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi wanita yang cerdas serta mempunyai inner beauty (kepribadian) yang baik dimana sesuai dengan syariat
    Wanita yang cerdas tidak dapat diukur dari nilai raportnya maupun yang lain, namun wanita yang cerdas yaitu wanita yang mampu memanfaatkan kecerdasaannya untuk menambah keyakinannya, yang mampu mendekatkan dirinya kepada Tuhannya. Ia juga mampu menyelesaikan semua permasalahan hidupnya dengan tolak ukur tertentu serta penuh dengan tanggung jawab. Secara keseluruhan, buku ini membahas mengenai dasar-dasar bagaimana menjadi seorang wanita yang soliha dan wanita yang cerdas.
    Buku ini mampu membantu kita menyadarkan sebagai remaja perempuan untuk melakukan sesuatu dan bersikap sesuai dengan syariat Islam, dengan begitu kita dapat memilih mana yang harus dilakukan dan mana yang harus kita tinggalkan. Dengan kata-kata yang bijaksana buku ini lebih menarik seperti kata-kata "Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar tidak mudah dibodohi oleh siapapun."
    
Buku ini menawarkan banyak kelebihan, diantaranya buku smart women dapat menjadi tuntunan bagi remaja perempuan pada zaman sekarang, terutama bagi yang sedang ingin berhijrah dan memperbaiki diri. Selain itu bahasa yang digunakan sangat simple, sehingga mudah sekali untuk dipahami. Sampul pada buku ini juga menambah kelebihan dari buku ini, dengan kartun yang lucu dan penuh warna.
 
e. Penutup

Pada bagian penutup biasanya berisi alasan mengapa karya/ buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

Demikian di atas Contoh bagian-bagian dalam Resensi Buku. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Contoh bagian-bagian dalam Resensi Buku "