Benda-benda di Sekitar Manusia yang Bemanfaat

ambar

Benda merupakan salah satu mahluk mati yang berada di bumi. Menurut ilmu pengetahuan alam, wujud benda dibagi menjadi 3, yaitu benda cair, benda gas dan benda padat. 

Selain ketiga wujud benda tersebut, ada benda-benda di sekitar kita yang bisa kita ambil manfaatnya. Apakah benda tersebut? Mari kita bahas benda-benda yang bermanfaat di sekitar kita.

1. Udara

Secara alami, udara adalah benda yang berwujud gas. Udara itu wujud tapi tidak bisa kita lihat. Salah satu contoh udara adalah oksigen, nitrogen dan helium. Baik oksigen, nitrogen maupun helium punya fungsi tertentu. 

Sumber: www.freepik.com

Oksigen sangat bermanfaat untuk mahluk hidup. Dengan adanya oksigen, orang bisa bernafas. Adapun nitrogen merupakan benda gas yang sekarang ini bisa kita temui di SPBU. Helium tak berwarna, tak berbaum tak berasa dan tak beracun. Helium merupakan unsur pertama pada golongan gas mulia dalam tabel periodik.

2. Kayu dan Batu

Kayu dan batu merupakan salah satu ujud benda padat yang bisa kita temui di sekitat kita. Kayu merupakan bagian dari pohon. Kayu dapat berfungsi sebagai bahan bangunan rumah. 

Sebagaimana kayu, batu juga termasuk benda padat. Batu juga bisa berfungsi sebagai material bangunan seperti gedung, rumah dan jembatan.

3. Air

Perlu kita ketahui, air memiliki peranan penting dalah kehidupan manusia. 80% tubuh manusia adalah air. Tanpa air, tubuh manusia akan kehilangan sumber energi. Manusia bisa hidup tanpa makan, tapi tidak tanpa minum. Itulah sebabnya, air sangat bermanfaat bagi manusia.

4. Listrik

Pada masa modern ini, Listrik merupakan salah benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Listrik sendiri merupakan benda yang dihasilkan dari energi lain, seperti pembangkit listrik.  

Ada beberapa jenis pembangkit listrik yang digunakan di Indonesia. Diantaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). 

Demikian sedikit ulasan dari Benda-benda di Sekitar Manusia yang Bemanfaat bagi manusia. Jika ada benda yang bermanfaat yang belum kita sebutkan, silakan tuliskan benda tersebut di kolom komentar di bawah ini.

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close