Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML # adsen1

Cara Menghilangkan Benjolan di Dalam Kelopak Mata Dengan Cepat

Tonjolan kelopak mata bisa dirasakan siapa saja. Walau beberapa tonjolan di mata termasuk tidak beresiko. Tetapi, Sebaiknya anda mengenali langkah mengobati tonjolan kelopak mata dengan pas, supaya tidak mengusik pandangan dan performa setiap hari. Berikut tips dan informasi tentang kesehatan untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.


Di Indonesia, tonjolan di kelopak mata seringkali dikenali dengan panggilan bintitan (hordeolum). Keadaan ini umumnya berlangsung karena infeksi bakteri yang menyerbu kelenjar di mata. Walau sebenarnya tonjolan di kelopak mata bisa juga jadi adalah kalazion, yakni tonjolan seperti kista yang muncul karena penimbunan cairan di kelopak mata.

Langkah Mengobati Tonjolan di Kelopak Mata

Di bawah ini beberapa langkah mengobati tonjolan di kelopak mata yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah:

Membersihkan tempat mata

Pada intinya, tonjolan muncul karena ada kotoran atau benda asing yang melekat di kelopak mata. Jadi, membersihkan wilayah di seputar kelopak mata. Ambil bola kapas atau kain bersih, lalu celupkan ke air hangat dan membersihkan. Anda dapat lakukan pergerakan pijatan halus sekalian bersihkan tempat itu.

baca juga: Tips dan Informasi untuk Ibu Hamil

Ulang cara itu minimal 3-4 kali satu hari. Yakinkan Anda telah membersihkan tangan lebih dulu dan bola kapas pada kondisi bersih. Kerjakan hal sama pada tonjolan karena kalazion untuk menahan penimbunan kotoran di tempat mata.

Jauhi menekan tonjolan

Tahan diri Anda tidak untuk menekan tonjolan itu, apa lagi mempunyai tujuan untuk keluarkan cairan didalamnya. Ini cuman akan membuat kondisi tonjolan di kelopak mata makin lebih buruk. Bahkan juga, dapat jadi parah infeksi dan menebarkan kuman ke mata yang satunya. Disamping itu, hal itu dapat mengakibatkan sisa cedera yang memiliki sifat tetap.

Pakai salep antibiotik

Berikan salep antibiotik pada tonjolan yang berasal dari infeksi bakteri, sesuai saran dokter. Salep antibiotik ini bermanfaat untuk membunuh bakteri pemicu tonjolan di mata dan menolong memudahkan ketidaknyamanan di tempat itu.

Langkah pemakaiannya benar-benar gampang, Anda perlu memoleskan sedikit saja salep antibiotik di sejauh sisi dalam kelopak mata yang ada tonjolan. Kerjakan hal sama pada tonjolan yang karena kalazion.

Kompres dengan air hangat

Air hangat akan menolong memberikan terasa nyaman pada mata. Ambil handuk, lalu celupkan ke air hangat. Peras, selanjutnya lekatkan handuk itu di kelopak mata yang ada tonjolan. Kerjakan 3-4 kali satu hari sepanjang 5 menit. Anda dapat mengompres memakai kantong teh yang telah di celupkan ke air hangat selaku alternatif handuk.

Anda bisa coba tangani tonjolan di kelopak mata dengan beberapa cara di atas. Tetapi, perawatan di dalam rumah cuman memiliki sifat sesaat selaku pengatasan awalnya. Bila tonjolan tonjolan di kelopak mata tidak selekasnya lebih baik, karena itu Anda dianjurkan untuk selekasnya konsultasi ke dokter mata agar diberi pengatasan yang pas.