Mengapa Musik Rilis Kamis atau Jumat?

ambar
Topik ini merupakan topik yang sangat seru jika di telusuri. Kenapa harus hari kamis? Kenapa harus hari jumat? Kenapa tidak haris senin, selasa, atau hari lainnya? Pasti pertanyaan itu yang ada dibenak kita jika kita baru menyadari atau sudah menyadari musik baru banyak yang rilis di hari tersebut.

Alasan dari hal tersebut sebenarnya sangat simpel, musisi merilis single atau album mereka setiap hari kamis, atau jumat bertujuan agar mereka dapat masuk ke rekomendasi musik baru di minggu depannya, biasanya rilisan itu dibuat perhitungannya di hari kamis. Seperti Spotify yang selalu mengeluarkan rekomendasi lagu baru, atau genre yang cocok dengan anda setiap hari Jumat, artinya setiap hari itu perhitungan di reset menjadi nol, dan musisi berlomba lomba untuk mendapatkan perhitungan yang tinggi untuk masuk ke jajaran musik rekomendasi agar menjadi bahan promosi bagi mereka. Apakah salah mengeluarkan musik diluar hari kamis atau jumat?

Mengapa musik baru selalu rilis hari kamis atau jumat?

Sebenarnya tidak juga, dengan trend yang sudah ditetapkan seperti saat ini, banyak musisi yang tidak berani merilis lagunya di hari lainnya karena takut kalah dalam perhitungan.

Untuk musisi indie masih sangat sering dijumpai mengeluarkan lagu di luar hari tersebut. Sebenarnya hal lain yang melandasi mengapa kamis dan jumat dipilih menjadi hari perilisan musik karena hal itu sudah ditetapkan oleh lembaga, tepatnya sudah ditetapkan oleh International Federation of the Phonographic Indsutry atau yang biasa disingkat IFPI.

Baca juga artikel musik lainnya di  laman subkultur.id

Jadi bagaimana? Apakah sudah terjawab mengapa musisi mengeluarkan musiknya di hari tersebut? Menurut kami sebenarnya tidak ada batasan untuk melakukan diluar hari tersebut, karena kami percaya musik yang berkualitas pada ahirnya juga akan mendapatkan tempatnya, jika tidak bisa masuk kedalam musik rekomendasi di Spotify misalnya, masih banyak kategori lain yang bisa diincar, seperti whats hot, rilis radar, dan playlist lainya yang tidak kalah pamor dari rekomendasi rilis. Jadi tetap bekarya dan jangan tergantung dari trend yang sudah tercipta ini ya!

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close