Pengertian Surat Lamaran Kerja, Isi dan Contohnya

ambar

Ketika sudah lulus dari sebuah studi, seseorang pasti membutuhkan sebuah pekerjaan. Pekerjaan akan didapatkan dengan serangkaian syarat yang harus dibuat bagi para pencari kerja, salah satunya adalah surat lamaran kerja. Berikut adalah isi yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.

Pengertian Surat Lamaran Kerja 

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat sepanjang satu halaman penuh yang berisi tentang informasi pelamar kerja dan permohonan untuk menempati posisi tertentu pada sebuah instansi. Biasanya surat lamaran kerja dikirim beserta lampiran berkas-berkas yang diperlukan sesuai permintaan perusahaan. Dalam penulisan surat lamaran kerja, terdapat tiga paragraf penting yang harus anda perhatikan dengan cermat, paragraf pertama berisi tentang bagaimana seseorang mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut dan juga posisi yang ingin ditempati. 

Pengertian Surat Lamaran Kerja, Isi dan Contohnya
sumber: freepik.com

Paragraf kedua berisi tentang ketrampilan pelamar, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, atau sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan pelamar sendiri yang berkaitan dengan lowongan tersebut. Yakinkanlah pembaca surat lamaran pekerjaan tersebut memang benar-benar cocok untuk bekerja di sana. Bagian paragraf ketiga tuliskanlah permohonan pelamar agar dapat diterima di instansi yang dituju.

Isi Surat Lamaran Pekerjaan

a. Pendahuluan

Pendahuluan pada surat lamaran pekerjaan berisi salam pembuka dan asal informasi pekerjaan seperti halnya informasi lowongan pekerjaan yang ditulis berasal dari media Kompas. Pendahuluan terdapat pada paragraf pertama. Contoh pendahuluan adalah sebagai berikut.

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di surat kabar Merdeka News, pada tanggal 10 Mei 2015 yang menyatakan bahwa perusahaan yang Bapak pimpin sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Akuntan, Manager Marketing, dan Teknisi. Oleh karena itu, melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak untuk mengisi posisi Akuntan. 

b. Identitas

Identitas adalah biodata pelamar pekerjaan yang dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan. Biasanya berisi nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan lulusan. Identitas atau biodata terdapat pada paragraf yang kedua. Contoh Identitas adalah sebagai berikut.

Di bawah ini adalah identitas diri saya:

    • nama : Aria Nugraha Bakasdo 
    • alamat : Jl. Kebagusan, no 43, Way Pengabuan, Kedamaian, Bandar Lampung, Lampung
    • jenis kelamin : Laki - Laki
    • tempat dan tanggal lahir : Bandar Lampung, 1 Januari 1993
    • pendidikan terakhir : Sarjana Ekonomi (S1), Universitas Bandar Lampung
    • no. hp : 08976543212

c. Lampiran Surat

Lampiran surat adalah beberapa berkas penting yang wajib disisipkan pada surat lamaran pekerjaan. Lampiran surat biasanya berisi ijazah, transkrip nilai, keterangan sudah bekerja, dan lain sebagainya. Berkas pada lampiran surat harus dilengkapi sesuai permintaan instansi. Lampiran surat berada pada paragraf kedua. Contoh Lampiran Surat adalah sebagai berikut.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama dengan surat lamaran ini saya lampirkan:

    1. pas foto terbaru 3 X 4, 2 lembar
    2. fotokopi KTP
    3. fotokopi ijazah S1 dan transkip nilai
    4. fotokopi sertifikat kursus/ pelatihan
    5. surat berkelakuan baik dari kepolisian
    6. daftar riwayat hidup 
    7. surat pengalaman kerja

d. Penutup

Penutup berada di akhir surat. Penutup berisi permohonan dan permintaan maaf surat. Penutup berada di paragraf ketiga. Contoh penutup adalah sebagai berikut.

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat, saya berharap untuk dapat diberikan kesempatan agar dapat bekerja di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya memgucapkan terima kasih.

Demikian uraian singkat mengenai Pengertian Surat Lamaran Kerja, Isi dan Contohnya. Semoga postingan ini bermanfaat. Salam

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close