Makanan yang Lezat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya Adalah

ambar
Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Dan Allah telah menyediakan banyak makanan dan minuman untuk kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Orang yang beriman akan memilih makanan halal dan menghindari yang haram. Namun, bagaimana hukumnya makanan yang lezat namun dapat membayahakan kesehatan ?

Makanan yang Lezat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya Adalah
sumber: freepik.com

Orang yang mengonsumsi makanan haram berarti telah melanggar ketentuan dari Allah. Sebab, dengan menaati ketentuan Allah dalam hal mengonsumsi makanan yang halal, tentu hidup akan menjadi berkah. Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa Allah menyuruh manusia memakan makanan yang halal ? Yuk ketahui dalam artikel kali ini !

Makanan Halal

Sebagai orang yang beriman, ada dua hal yang perlu diperhatikan saat hendak mengonsumsi makanan. Pertama, jelas kehalalannya dan kedua adalah thayyib atau baik bagi tubuh dan akal. Tentu saja hal ini berdasarkan firman Allah yang tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 168.


Allah sang pemberi rezeki dan sebagai pemberi karunia kepada semua mahluk-Nya. Oleh karena itu, Allah hanya memperbolehkan manusia untuk memakan semua yang ada di bumi dari yang dihalalkan saja serta tidak memabahayakan bagi tubuh dan akal manusia.

Allah telah memerintahkan kaum mukminin untuk memakan segala sesuatu yang baik yang telah Allah berikan. Karena Allah itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali sesuatu yang baik pula.

Makanan Haram

Apa saja jenis makanan haram ? Tercantum dalam Quran Surat Al Maidah ayat ke 3, yaitu Allah telah mengharamkan bangkai, darah dan daging babi serta daging hewan yang disembelih bukan atas nama Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh dan yang ditanduk.

Selain itu diharamkan pula hewan yang disembelih untuk berhala, makanan yang kotor dan menjijikkan, serta semua jenis makanan yang mendatangkan bahaya atau mudharat terhadap kesehatan badan, jiwa, moral dan akidah manusia.


Makanan yang haram juga termasuk dari makanan yang diperoleh dengan cara yang batil atau tidak benar. Contohnya, makanan yang didapat dengan cara korupsi, mencuri, menipu, memeras dan lain sebagainya.

Makanan Lezat Namun Berbahaya

Berdasarkan firman Allah dan hadist Rasulullah, para ulama telah sepakat menyebutkan bahwa makanan yang boleh dimakan tidak cukup hanya halal saja, akan tetapi juga harus thayyib atau tidak membahayakan bagi tubuh dan akal.

Lantas, bagaimana hukumnya dengan makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan ? Apabila makanan sudah halal, tetapi ia bisa membahayakan bagi tubuh dan akal maka hukumnya adalah haram untuk dimakan.

Mengonsumsi makanan yang lezat namun dipastikan dapat membahayakan kesehatan tubuh, maka hurumnya haram. Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah.

Jadi, dengan demikian kita diharamkan untuk mengonsumsi jenis makanan apapun apabila salah satu sebabnya adalah membahayakan atau mengancam tubuh dan akal. Karena dipastikan bahwa makanan atau minuman yang haram tersebut memiliki banyak mudharat.

Apa saja mudharatnya bagi manusia ? Diantaranya yaitu menjadi sumber penyakit yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah. Selain itu, Allah pun akan membenci orang yang memakan makanan haram.

Oleh karena itu, sebagai manusia yang beriman hendaklah kita memakan makanan dari yang halal saja. Dan menghindari jenis makanan apapapun itu yang dapat membahaykan kesehatan. Supaya tubuh dan jiwa menjadi sehat sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan baik serta mendapat ridho-Nya. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya !

Posting Komentar

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi Anda. Harap sambungkan dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi Anda menggunakan adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami mohon Anda memasukkan situs web kami ke 'whitelist' di adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close