Nama Nama Kota di Jerman yang Menjadi Tujuan Pelajar Indonesia

Jerman adalah salah satu negara di eropa barat yang menjadi target masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi baik di jenjang sarjana maupun jenjang master dan doktoral, seperti dikutip dari website Maxfieldreview.org.

Bahkan jerman menjadi tujuan beberapa ekspatriat Indonesia yang akan berkarir dan membuka bisnis di Jerman, para ekspatriat ini biasanya disebut dengan diaspora Indonesia di Jerman yang rata rata menjadi akademisi, pengusaha dan bahkan birokrat di Jerman. 

Karena menjadi salah satu negara tujuan pelajar di Indonesia yang masuk ke dalam sepuluh negara terbesar yang didatangi pelajar dan masyarakat Indonesia.

Nama Nama Kota di Jerman yang Menjadi Tujuan Pelajar Indonesia
Kota Frankrut-wikipedia

Pemerintah Indonesia selain mempunyai kedutaan besar di pusat ibukota jerman di berlin, juga membuka beberapa perwakilan Indonesia di beberapa nama nama kota di jerman, misalnya Frankfurt.

Fakta ini menjadi penguat bahwa posisi negara Jerman sangat penting di mata pemerintah Indonesia (selain hubungan pendidikan, Indonesia dan Jerman memiliki hubungan yang cukup strategis untuk sektor bisnis dan perdagangan). 

Pada sektor pendidikan, Jerman adalah salah satu negara patron yang menjadi rujukan Indonesia dalam menata sistem pendidikan, terutama sistem pendidikan vokasi Jerman yang telah berumur panjang dan mampu membentuk sistem industri yang kuat, bermanfaat serta memberdayakan masyarakat Jerman sebagai masyarakat yang makmur dalam berbagai ukuran.

Selain itu, Jerman juga menjadi rujukan perkembangan teknologi dan industri alat alat berat bagi Indonesia, salah satu trendnya adalah setelah Prof. Ing Bacharuddin Jusuf Habibie menelurkan teori habibie crack.

Dan membawa teknologi ini kembali ke Indonesia dalam bentuk pengembangan pesawat, Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang mampu membuat pesawat sendiri bernama N250.

Nah, karena tingginya animo masyarakat Indonesia untuk menimbal ilmu ke jerman (saat ini lebih dari 5000 ribu mahasiswa Indonesia belajar di Jerman), maka berikut beberapa nama-nama kota di jerman yang menjadi tujuan pelajar Indonesia berkuliah dan menimba ilmu disana:

Pertama, nama nama kota di jerman yang menjadi jujugan studi masyarakat Indonesia tersebar di Berlin, Frankfurt, Kassel, Dessau, Dresden, Karlsruhe, Stuttgart, Bonn, Bremen hingga Lommel. 

Kedua, sementara beberapa nama nama kota di jerman yang memiliki perwakilan Indonesia berada di Berlin dan Frankfurt. Di Berlin Indonesia mempunyai kedutaan besar sementara di Frankfurt indonesia memiliki Konsulat Jenderal. 

Ketiga, nama nama kota di jerman yang memiliki organisasi mahasiswa Indonesia bernama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) tersebar di Frada, Stuttgart, Muenchen, Aachen, Dortmund, Saarland, Duisburg-Essen, Bochum, Franken, Bonn, Gisen, Karlsruhe, Mannheim. 

Keempat, sementara beberapa nama nama kota di jerman yang memiliki perkumpulan organisasi masyarakat Indonesia yaitu Munich dan Frankfurt. Di Frankfurt masyarakat Indonesia bisa bergabung dengan PERMIFAN sementara di Munich bisa bergabung dengan Swadaya Indonesia Munchen. 

Kelima, selain itu ada juga beberapa organisasi persatuan masyarakat Indonesia dan Jerman yang dapat ditemui di beberapa nama nama kota jerman seperti Rhein-Neckar Raum, Koln, Sudwestfalen, Hagen, Siegen, Iselohn hingga Arnsberg. 


Related Posts

Posting Komentar