Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mau Nikah? Miliki 5 Keahlian Dasar ini!

Pernikahan merupakan hal yang sakral dalam kehidupan manusia. Dengan menikah seseorang akan masuk kedalam tahap kehidupan selanjutnya. 

Bahtera rumah tangga merupakan hal yang tidak bisa dihindari setelah pernikahan. Agar mampu menjalaninya bersama pasangan, harus ada persiapan yang matang. Apa saja itu? Simak beberapa keahlian dasar yang harus dimiliki sebelum menikah.

5 Skill Dasar Sebelum Menikah

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan lima skill yang harus dimiliki pasangan sebelum menikah.

1. Pandai Mengendalikan Emosi

Emosi merupakan hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Kita perlu belajar mengatasi emosi agar keadaan tidak semakin runyam. Apalagi jika terbiasa marah dengan suara keras serta tindakan yang bisa menyakitkan orang lain. Pembekalan diri untuk pengendalian emosi penting dilakukan sebelum menikah.
Jangan sampai harapan bahagia dunia akhirat rumah tangga yang kita impikan itu kandas. Mulai sekarang kita harus berlatih mengendalikan emosi masing-masing. Caranya, jangan egois. Kadang kita perlu berkorban untuk pasangan. Sabar dan selalu berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Jalin Komunikasi dengan Baik

Jalin Komunikasi dengan Baik atau Berkomunikasi Dengan Baik merupakan bekal yang harus dimiliki sebelum menikah. 

Komunikasi yang buruk kerap kali menjadi masalah yang dapat menghancurkan pernikahan. Jika Anda selalu mengeluh mengkritik mengabaikan nasihat pasangan dan membuat pasangan merasa sakit hati karena omongan Anda bisa-bisa rumah tangga pun rusak.

Sebaiknya, komunikasikan apa yang jadi uneg-uneg kita kepada pasangan. Jangan ditutup-tutupi. Ingat, pernikahan bukan teka-teki silang. Jalinlah komunikasi yang baik dengan pasangan.

3. Bisa Menyatukan Perbedaan 

Semua pasangan pasti memiliki perbedaan satu sama lain. Mau tidak mau kita harus bisa menerima dan menyetukan perbedaan tersebut agar hubungan keluarga tetap hangat dan harmonis.

Anggap saja perbedaan yang ada itu adalah hal-hal yang sepele. Seperti selera film yang tidak sama tempat tinggal bagaimana mengatur uang hingga memperbaiki kehidupan.

Ingat! Hal yang paling penting dalah berumah tangga adalah sakinah mawaddah warohmah. Tenang, harmonis dan penuh kasih sayang. 

4. Selalu Positif Thinking.

Selalu mempunyai pikiran positif terhadap pasangan merupakan skill yang harus dimiliki sebelum menikah. Ini sangat penting untuk memeberi kepercayaan terhadap pasangan kita. 

Berpikir positif itu tidak mudah, pasti ada kecurigaan yang timbul saat pasangan melakukan sesuatu yang janggal. Namun pikiran positif bisa membuat Anda lebih bahagia.

5. Saling mengerti satu sama lain

Ini adalah bagian yang paling sulit. Untuk saling mengerti, dibutuhkan pengorbanan yang lebih. Harus ada kesiapan mengalah kepada pasangan kita. 

Ingat! Keeogisan dalam berumah tangga akan berkaibat buruk. Saling mengertilah dengan pasangan anda! Jaga perasaannya. Maka bahagia adalah miliki anda.