Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Nitrogen? Cara Pembuatan dan Fungsinya.

 Beberapa dari kita pasti penasaran, tentang cara pembuatan gas Nitrogen di SPBU. Pasti pernah muncul dalam benak kita Bagaimana cara pembuatannya. Kok bisa ya? Apa benar Nitrogen di SPBU itu asli?

Nah, begini penjelasannya…

Apa itu Nitrogen?

Nitrogen merupakan salah satu gas yang ada di bumi kita. Berdasarkan penelitian, gas dengan symbol N dalam tabel kimia ini merupakan gas yang paling banyak terdapat di bumi dan memiliki nomor atom 7. 

Pada tahun 1772, seoran dokter Skotlandia bernama Dr. Daniel Rutherford menemukan dan mengisolasi gas Nitrogen ini.

Udara di bumi kita mengandung kurang lebih 79% nitrogen. Sisanya merupakan gas oksigen 20% dan sisanya 1 % merupakan uap air. Ini menunjukkan bahwa kuantitas udara kita mayoritas adalah Nitrogen.

Kenapa Ban harus diisi Nitrogen?

Pengendara mobil maupun motor mempunyai pilihan untuk mengisi ban kendaraan mereka. Selain diisi dengan oksigen, pengendara juga bisa mengisi kendaraan mereka dengan nitrogen. Berdasarkan pengalaman, mengisi ban kendaraan dengan nitrogen jauh lebih baik daripada menggunakan oksigen. 

Nitrogen lebih baik dan lebih bagus dibandingkan angin biasa/oksigen karena tidak mudah keluar dari ban kendaraan. Hal ini terjadi karena sebuah ban yang diisi angin biasa akan kempes dalam jangka waktu seminggu jika didiamkan. Berbeda dengan nitrogen yang memerlukan waktu lebih lama.

Sebenarnya, pengisian ban kendaraan dengan nitrogen tidak bisa luput dari kadar oksigen walaupun hanya sedikit. Walaupun demikian, pengisian nitrogen lebih baik karena gas tersebut tidak mudah keluar. Akibatnya, angin nitrogen tidak mudah keluar dari ban dan mengurangi tingkat kebocoran.

Alasan lain yang menjadikan pengisian ban kendaraan dengan nitrogen lebih baik adalah Nitrogen tidak cepat panas alias dingin. Ini menjadikan temperatur ban bisa terjaga saat berkendara. Misalnya, jika anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi yang diisi nitrogen, makan temperatur ban kendaraan anda akan lebih stabil. Suhu Ban kendaraan akan tetap dingin, awet dan tidak mudah pecah.

Cara Membuat Nitrogen di SPBU

Untuk memroduksi gas Nitrogen di SPBU harus menggunakan teknologi yang canggih. Teknologi tersebut berupa kompresor yang dirancang khusus. Kompresor ini nantinya digunakan untuk mensuplai angina ke mesin generator nitrogen yang selanjutnya disaring hingga menjadi Nitrogen dengan kemurnian 99%.

Adapun kompresor yang digunakan untuk menyuplai gas tersebut harus berkekuatan 3 PK. Karena itu, diperlukan kompresos khusus dan tidak sembarangan.

Kompresor yang berkekuatan tinggi akan membuat dan mendorong angina masuk ke generator Nitrogen. Di dalam generator, dengan sistem Pressure swing absorber (PSA) angin akan disaring menggunakan CMS (carbon Molecular Sieve). 

Fungsi CMS ini adalah untuk memisahkan Nitrogen dari gas oksigen dan gas-gas lainnya. Setelah tersaring, Nitrogen bisa digunakan untuk mengisi ban kendaraan sesuai kebutuhan.

Seperti yang disebutkan di atas, sistem PSA yang canggih akan menghasilkan kemurnian nitrogen mencapai 95-99%. 

Berikut gambaran proses pembuatan dan penyaringan Nitrogen pada mesin generator.

Manfaat Nitrogen pada Ban Kendaraan

Demikianlah sedikit uraian tentang bagaimana fungsi pengisian nitrogen pada ban kendaraan. Semoga informasi ini bermanfaat.