Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hati-Hati! 7 Profesi ini Akan Digantikan Robot

Sedikitnya lowongan pekerjaan di era modern saat ini, seharusnya dapat membuat kita mulai kawatir. Pasalnya, pesatnya perkembangan teknologi dan artificial intelligence atau kecedasan buatan (Al) terlalu cepat. 

7 Pekerjaan ini Bakal Digantikan Robot

Jika hal tersebut tidak dipersiapkan dan dihadapi dengan matang, mau tidak mau ada pekerjaan yang ada nanti akan diganti robot. Keadaan yang demikian, seharusnya membuat banyak orang lebih waspada.

Pekerjaan ini Bakal Digantikan Robot 

Nah, apa saja pekerjaan yang bakal digantikan oleh robot. Berikut penjelasannya yang diolah dari laman CNBC Indonesia.

1. Analis Keuangan

Analis Keuangan merupakan pekerjaan pertama yang bisa digantikan oleh robot. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang dituntut dengan kecepatan dan ketelitian. Jika terus dikerjakan oleh manusia, tentu memiliki batas kemampuan.

Karenanya, tidak menutup kemungkinan Pekerjaan analis keuangan bisa digantikan robot karena artificial intelligence bisa menemukan pola dan melakukan perdagang lebih cepat dari manusia.

2. Tenaga Medis

Artificial Intelligence yang ada pada teknologi sekarang bisa mengancam sektor ini. Robot yang memiliki algoritma khusus, dibekali dengan banyak kemampuan. Diantaranya adalah bisa mendiagnosa berbagai macam penyakit yang diderita manusia. 

Saking berkembangnya teknologi AI tersebut, sebuah robot bahkan ada yang memberikan rekomendasi atau resep obat kepada pasien.

3. Koki atau chef 

Tidak bisa dipungkiri, bahwa sekarang ini bisa kita jumpai berbagai teknologi yang merambah dunia makanan. 

Dalam berbagai berita informasi, berkali-kali diberitakan keahlian robot dalam masak memasak. 
Hal ini menunjukkan bahwa kecanggihan teknologi Artificial Intelligence bisa menggantikan pekerjaan manusia dalam memasak.

4. Buruh Bangunan dan pekerjaan Kasar lainnya

Sekarang ini sudah berkembang rumah atau bangunan yang yang dicetak menggunakan printer 3D. Ini menunjukkan bahwa nantinya para pekerja atau buruh bangunan harus bersaing dengan robot printer tersebut. 

5. Pekerja Perbankan

Administrasi perbankan yang ada saat ini, mulai terisi dengan teknologi-teknologi canggih.
Teknologi tersebut, diantaranya adalah saat kita mengambil uang di ATM kita tidak perlu lagi menggunakan kartu. 

Artinya, kuantitas pembuatan kartu ATM tersebut akan berkurang dan mau tidak mau akan merambah pada pekerja lainnya.

Perbedaan yang mencolok adalah, teknologi perbankan bisa lebih cepat mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data. Robot juga tak mungkin salah ketik.

6. Sopir

Pekerjaan terakhir yang bisa digantikan oleh robot adalah sopir. Ini terlihat dari beberapa produsen otomotif yang mulai merancang dan menerapkan Artificial Intelligence berupa mobil otonom atau self driving car.

Artinya adalah, jika segala komponen masyarakat dan pemerintah mendukung kesuksesan teknologi ini, maka sopir akan tergantikan dengan robot.

Nah, itulah beberapa pekerjaan yang bisa tergantikan dengan robot. Kita sebagai manusia harus bisa bersaing dan mengikuti perkembangan teknologi yang pesat ini. Untuk itu, ayo kembangkan kemampuan yang kita miliki di segala bidang.