Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Uraian USBN Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/MA Beserta Jawabannya

Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu dari sekian mapel yang diajarkan di sekolah menengah atas. Mapel ini terbagi menjadi dua, yaitu sejarah wajib atau sejarah Indonesia dan sejarah peminatan.

Mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran penting yang harus dipelajari oleh para generasi penerus. Hal ini dikarenakan pada mapel ini, siswa dapat mengetahui tauladan baik dan buruk dari pendahulunya.

Siswa juga dapat belajar tentang apa saja yang pernah terjadi di masa lampau dan kemudian menerapkannya di masa sekarang.
Pada postingan kali ini, kami akan membagikan beberapa contoh soal uraian yang biasa digunakan dalam ujian sekolah berstandar nasional.

Soal ini merupakan soal hasil musyawarah guru mata pelajaran sejarah. Oleh karenanya, tidak diragukan lagi bagaimana berbobotnya soal-soal ini.

Soal ini juga dilengkapi dengan lembar jawaban. Kenapa demikian? Diharapkan kawan-kawan semua dapat berlatih dan bisa mengetahui bagaimana soal itu berasal.
 
Soal Uraian USBN Sejarah Indonesia

Selengkapnya, silakan perhatikan kumpulan soal di bawah ini!

Kumpulan Soal Uraian USBN Sejarah Indonesia

Keterangan Soal
Kelas: XII SMA/MA
Semester: Genap
Jumlah soal: 12 Uraian dengan Jawaban

I. Jawabalah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat!

  1. Dalam kedudukannya sebagai ilmu, sejarah memiliki ciri dan karakteristik. Jelaskan ciri khas sejarah sebagai ilmu !
  2. Memasuki awal abad 20 di Indonesia berkembang Pergerakan Nasional yang disebabkan oleh faktor dalam negeri maupun luar negeri. Beri penjelasan faktor dari luar negeri yang menyebabkan adanya Pergerakan Nasional Indonesia !
  3. Selama kurun waktu tahun 1950 sampai dengan 1959 Indonesia menerapkan Demorasi Liberal, namun dalam pelaksanaan sistem Demorasi Liberal sering terjadinya pergantian kabinet hingga 7 kali. Salah satu kabinet diantaranya Kabinet Soekiman, jelaskan apa penyebab kemunduran kabinet Soekiman!
  4. Setiap ilmu pengetahuan memiliki seperangkat aturan dan petunjuk yang membantu ketepatan hasilnya. Terdapat syarat menjadi sebuat ilmu, antara lain memiliki metode dan objek penelitian. Jelaskan perbedaan metode dan objek penelitian sejarah dan ilmu sosial lain!
  5. Nasionalisme merupakan cara pandang bernegara yang dianggap sebagai semangat awal munculnya pergerakan nasional di Indonesia. Memasuki awal abad 20 di Indonesia berkembang Pergerakan Nasional yang disebabkan oleh faktor dalam negeri maupun luar negeri. Beri penjelasan faktor dari luar negeri yang menyebabkan adanya Pergerakan Nasional Indonesia !
  6. KMB merupakan lanjutan dari Perundingan Roem-Royen. KMB berlangsung di Deen Hag Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Indonesia dipimpin Moh.Hatta, delegasi BFO dipimpin Sultan Hamid II, delegasi Belanda dipimpin Mr. Van Maarseveen, sedangkan UNCI dipimpin oleh Chritchley. Perjanjian KMB memiliki dampak bagi perjuangan bangsa Indonesia. Jelaskan 4 dampak negatifnya dan berikan alasan bahwa  perjanjian KMB tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia!
  7. Kabinet  pertama yang dibentuk pada masa Demokrasi Liberal adalah Kabinet Natsir (6 September – 21 Maret 1951). Kabinet ini merupakan koalisi dari Partai Masyumi dengan PNI. Pada masa ini terjadi persaingan, saling mencari kesalahan, dan saling menjatuhkan. Jelaskan alasan yang menyebabkan jatuhnya Kabinet Natsir!
  8. Pemerintah Orde berusaha menciptakan stabilitas nasional sejak awal pemerintahannya. Masa Orde Baru berlangsung sekitar 32 tahun dan menjadi salah satu periode penting dalam sejarah Indonesia, proses lahirnya Orde Baru diawali dengan adanya aksi para pelajar, mahasiswa, dan tokoh masyarakat yang menuntut perubahan. Akhir pemerintahan ditandai dengan meluasnya praktik KKN dan krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997. Dan salah satu faktor keruntuhan Orde Baru adalah terjadinya peristiwa Kampus Trisakti tahun 1998. Deskripsikan mengenai peristiwa tersebut!
  9. KMB merupakan lanjutan dari Perundingan Roem-Royen. KMB berlangsung di Deen Hag Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Indonesia dipimpin Moh.Hatta, delegasi BFO dipimpin Sultan Hamid II, delegasi Belanda dipimpin Mr. Van Maarseveen, sedangkan UNCI dipimpin oleh Chritchley. Perjanjian KMB memiliki dampak bagi perjuangan bangsa Indonesia. Jelaskan 4 dampak negatifnya dan berikan alasan bahwa  perjanjian KMB tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia!
  10. Setelah dibubarkannya RIS, sejak tahun 1950 RI Melaksanakan demokrasi Parlementer-Liberal dengan dasar konstitusi yaitu UUDS 1950. Demokrasi Liberal sendiri berlangsung selama hampir 9 tahun, dalam kenyataanya bahwa UUDS 1950 dengan sisten Demokrasi Liberal tidak cocok  dengan kondisi bangsa Indonesia yang majemuk. Sehingga pada masa ini selalu identik dengan pergantian kabinet dan pemerintahan. Salah satu kabinet yang pernah ada adalah kabinet Sukiman, kemudian masa pemerintahanya harus jatuh karenan beberapa permaslahan. Jelaskan penyebab jatuhnya kabinet Sukiman!
  11. Jatuhnya pemerintah Orde Baru erat hubungannya dengan krisis politik, ekonomi, dan sosial. Pemerintah Orde Baru tidak dapat mengatasi krisis yang terjadi di Indonesia sehingga pemrintahannya berkahir. Jatuhnya pemerintah Orde Baru telah terasa setelah Indonesia dilanda krisis ekonomi (krisis moneter) tahun 1997. Kemukakan kondisi politik dan sosial bangsa Indonesia menjelang berakhirnya masa orde baru, yang menyebabkan munculnya aksi untuk menuntut Suharto turun dari kursi Presiden!
  12.  Perhatikan tabel berikut !
Dari data di atas terlihat sering terjadi pergantian kabinet secara cepat. Analisalah mengapa sering terjadi pergantian kabinet!
 
Baca juga:

Kunci Jawaban Soal Uraian USBN Sejarah Indonesia

1. Sistematis , bersifat obyektif, dapat dipertanggungjawabkan , sistematis

2. Kemenangan Jepang terhadap Rusia , adanya pengaruh faham faham dunia , adanya rasa senasib dan sepenanggungan

3. Karena menanda tangani perjanjian MSA dengan Amerika sehingga dianggap membelokkan politik luar negeri Indonesia

4.       

Sejarah

Ilmu-ilmu sosial

Mas lampau (past)

Masa kini (present)

Temporal-spasial

Atemporal-aspasial

Diakronik

Sinkronik

Ideografik

Nomotetik

Partikularistik

Generalistik

Terjadi sekali

Terjadi berulang-ulang (repetition)

Tidak teratur

Beraturan (regular)

Tidak dapat dieksperimen dan diuji ulang

Dapat dilakukan eksperimen dan diuji ulang

Tidak untuk meramal

Dapat untuk meramal/ prediksi

5.  Kemenangan Jepang terhadap Rusia , adanya pengaruh faham faham dunia , adanya rasa senasib dan sepenanggungan

6. ~ Tertundanya penyelesaian masalah Irian Barat  , ~ Hutang Belanda pada 1942 sampai disepakatinya RIS akan ditangung RIS , ~ Indonesia menjadi negara bagian RIS di mana menjadi bawahan dari pemerintahan Belanda , ~ tidak sesuai keinginan sebagian besar rakyat Indonesia

7.  Kegagalan masalah Irian Barat dan Mosi tak percaya dari PNI

8.  Penembakan 4 mahasiswa Trisakti yaitu Elang Mulia Lesmana, Hafidin Royan , Heri Hartanto, Hendriawan yang menyebabkan pergerakan mahasiswa dan rakyat seluruh Indonesia

9. ~ Tertundanya penyelesaian masalah Irian Barat  , ~ Hutang Belanda pada 1942 sampai disepakatinya RIS akan ditangung RIS , ~ Indonesia menjadi negara bagian RIS di mana menjadi bawahan dari pemerintahan Belanda , ~ tidak sesuai keinginan sebagian besar rakyat Indonesia

10.  Karena menanda tangani perjanjian MSA dengan Amerika sehingga dianggap membelokkan politik luar negeri Indonesia

11.  ~ adanya Krisis Ekonomi , ~ Adanya KKN , ~ adanya konflik horizontal , ~ melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika , ~ Orba tertutup dan otoriter , ~peletakan dasar ekonomi yang salah.

12. Setelah pengakuan kedaulatan Indonesia pada tahun 1949 oleh Belanda, Indonesia mulai memasuki masa pemerintahan sendiri. Namun pada masa ini terjadi persolan yaitu ketidakstabilan politik yang terlihat dari seringnya kabinet dan perdana menteri diganti. Dengan berakhirnya perjuangan kemerdekaan Indonesia, perpecahan dalam masyarakat Indonesia mulai bermunculan. Perbedaan daerah, moral, tradisi, agama, persaingan pengaruh Liberalisme dan Marxisme serta kondisi Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet, semuanya berkontribusi terhadap kondisi politik dimana partai-partai saling bertentangan.

Kerjakan juga:

Misalnya, penandatangan penerimaan bantuan Mutual Security Act oleh Menteri Luar Negeri Achmad Subardjo menyebabkan Kabinet Sukirman Jatuh, akibat kehilangan dukungan karena kebijakannya dianggap membuat Indonesia menjadi bersekutu dengan Amerika Serikat.Selain itu juga berkecamuk berbagai gerakan separatis menentang Republik Indonesia, seperti Darul Islam/Negara Islam Indonesia (DI/TII) yang memberontak Jawa Barat dari tahun 1948 sampai 1962, gerakan separatis Republik Maluku Selatan dan pemberontakan PRRI/PERMESTA di Sumatera dan Sulawesi antara tahun 1955 dan 1961. 

Pemberontakan ini membuat kekuatan kabinet lemah karena dianggap tidak mampu menghentikan ancaman separatis.Selepas pemilihan umim 1955, kondisi politik juga tidak membaik. Hal ini karena berdasar hasil pemilihan umum tersebut, tidak ada partai yang memperoleh suara dominan. Akibatnya politik Indonesia diisi oleh partai-partai yang saling berebut pengaruh. Karena tidak ada partai dengan suara mayorutas, kabinet hanya bisa dibentuk oleh koalisi partai, karena tidak ada partai yang dominan. Ketika ada partai mencabut dukungan makan kabinet dengan mudah akan jatuh.


Demikian di atas contoh Soal Uraian USBN Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/MA Beserta Jawabannya. Semoga soal ini bermanfaat. 
Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Soal Uraian USBN Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/MA Beserta Jawabannya"

------------------------------------------------