Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Uraian USBN Sosiologi Terbaru beserta Jawabannya

Assalamu alaikum warohamatullahi wabarokatuh.
Apa kabar kawanku semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat, baik dan sejahtera semua.
Pada kesempatan yang baik ini, kami akan menyampaikan 5 buah contoh Soal Uraian USBN Sosiologi yang pernah disiapkan pada soal USBN tahun kemarin.

Sosiologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang aspek sosial manusia dalam bermasyarakat. Manusia yang sejatinya mahluk sosial tidak bisa luput dari keadaan sekitarnya. Ilmu sosiologi ini secara khusus mempelajari tentang cara manusia bersosialisasi dengan masyarakat tersebut.
Ilmu sosiologi sendiri menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari di SMA dalam peminatan IPS. Mapel ini menjadi mapel wajib jika seseorang belajar ilmu sosial. Mapel ini menjadi mapel peminatan pada saat Ujian Nasional yang kini telah diadakan sejak kementrian pendidikan dipimpin oleh Menteri Nadiem Makarim.

Nah, pada kesempatan kali ini. Tanpa bermaksud menggurui, kami akan membagikan contoh Soal Uraian USBN Sosiologi yang diperuntukan bagi kelas 12 SMA dan MA. Berikut contoh Soal Uraian USBN Sosiologi yang kami bagikan.

Contoh Soal Uraian USBN Sosiologi terbaru beserta jawabannya

Keterangan Soal
Soal USBN Sosiologi
Kelas: 12 SMA/MA
Mata Pelajaran: Sosiologi
Jumlah Soal Pilihan Ganda: 0 soal
Jumlah Soal Uraian : 5 Soal beserta Jawabannya

I. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  1. Dalam kehidupannya, setiap individu pasti mengalami proses sosialisasi. Dari gambar di bawah ini, Sebut dan jelaskan 4 tahapan sosialisasi yang dialami oleh tiap individu!
    Contoh Soal Uraian USBN Sosiologi Terbaru beserta Jawabannya
  2. Tawuran antarpelajar merupakan bentuk konflik horizontal yang telah menjurus pada tindakan kekerasan. Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan kasus meninggalnya seorang pelajar akibat adu fisik dengan pelajar lainnya. Sebut dan jelaskan bentuk akomodasi yang sesuai dengan kasus diatas !
  3. Sebutkan 5 syarat dalam menentukan topik penelitian yang baik !
  4. Berilah 3 contoh perlaku sosial yang dapat menyebabkan disintegrasi pada masyarakat multikultural !
  5. Masyarakat dunia tidak dapat menghindarkan diri dari dampak globalisasi ekonomi dalam bentuk ketimpangan antara negara kaya dan negara miskin. Sebagai negara berkembang, masyarakat Indonesia banyak menerima pengaruh dari dinamika ekonomi global yang diwarnai kompetisi. Jelaskan: (1) bagaimana dampak globalisasi terhadap ekonomi masyarakat Indonesia, dan (2) bagaimana strategi komunitas lokal untuk mengatasinya?
Kunci Jawaban Soal uraian
1. Tahapan Sosialisasi:
    • Preparatory Stage: tahap usia anak yang ditandai dengan ciri-ciri mulai menirukan apa yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya yaitu keluarga. Bentuk sosialisasi dalam tahap ini disebut dengan sosialisasi primer. Contoh; menirukan suara ayah ibunya.
    • Play Stage: tahap usia anak beranjak remaja yang ditandai dengan ciri-ciri bermain peran. Tahap ini sangat dipengaruhi oleh proses imitasi yang dilakukan anak menirukan orang-orang disekelilingnya. Contoh bermain peran dokter-dokteran.
    • Game Stage: tahap usia remaja, Tahap ini sangat dipengaruhi oleh proses identifikasi yang dilakukan anak menirukan orang-orang disekelilingnya. Bentuk sosialisasi dalam tahap ini disebut dengan sosialisasi sekunder. Contoh: mengidentifikasikan dirinya seperti tokoh idola.
    • Preparatory Stage: tahap dewasa, tahap ini seseorang sudah menjalankan perannya secara utuh di masyarakat. Bentuk sosialisasi dalam tahap ini disebut dengan sosialisasi sekunder. Contoh: menjalankan peran bekerja.
2. Teknik akomodasi yang paling cocok digunakan untuk menangani fenomena tawuran pelajar adalah dengan menggunakan teknik arbitrase, hal itu dikarenakan dalam penyelesaian konfliknya, akan melibatkan pihak ketiga yang sifatnya mengikat, tegas, dan tidak bisa diganggu gugat. Misalnya pihak ketiga yang bisa dilibatkan diantaranya Pihak kepolisian maupun guru Bimbingan Konseling. Kedua pihak ini bisa saja memberi peringatan tegas kepada para siswa yang terlibat tawuran, berupa peringatan akan dikeluarkan dari sekolah bagi siswa yang berani terlibat tawuran untuk yang kedua kalinya. Diharapkan, peringatan yang mengikat dari pihak ketiga dapat memberikan efek jera kepada siswa agar tidak lagi terlibat tawuran yang tidak ada manfaatnya untuk masa depan mereka. (Bebas Terstruktur alasan tepat)

3. Lima syarat pemilihan topik penelitian yang baik:
    • a. Topik penelitian harus menarik dan ilmiah
    • b. Topik penelitian dapat dilaksanakan oleh peneliti
    • c. Tersedia sumber data dan perolehan data
    • d. Tersedia alat pengumpulan data
    • e. Tersedianya dana dan tenaga untuk pengumpulan data
4. Perilaku dalam masyarakat multikultural yang dapat menyebabkan disintegrasi:
    • a. Mengembangkan sikap primordialisme, yaitu paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak lahir
    • b. Intoleransi terhadap perbedaan yang ada.
    • c. Fanatis berlebihan terhadap suku dan agama yang diyakini
5. Dampak Globalisasi terhadap ekonomi masyarakat Indonesia:
    • Pola hidup konsumtif karena dibanjiri produk
    • Memunculkan sikap individualistis
    • Memunculkan kesenjangan sosial ekonomi
Strategi komunitas lokal untuk mengatasinya:
    • Menciptakan produk dan lapangan kerja yang kreatif yang bisa bersaing secara global
    • Mencintai, membeli dan mengembangkan pruduk dalam negeri
    • Meningkatkan ekonomi rakyat yang mandiri.

Demikian contoh Soal Uraian USBN Sosiologi yang kami bagikan. Semoga soal ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.
Wassalamu alaikum warohamatullahi wabarokatuh.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Uraian USBN Sosiologi Terbaru beserta Jawabannya"