Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML # adsen1

Download Silabus & RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1 Revisi Terbaru Kurikulum 2013

Pada postingan kali ini, kami akan membagikan link download RPP 1 Lembar RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1 subtema 1 sampai subtema 4 terbaru Kurikulum 2013 edisi revisi. RPP SD Kelas 4. Download RPP Tema 4 subtema 1 subtema 4 Kelas 4 SD. Download Silabus dan RPP SD. download RPP Tema 4 subtema 1 sampai subtema 4 kelas 4 k13.

Seperti yang bapak ibu guru kawan mahasiswa ketahui, menteri pendidikan Nadiem Makarim menginstruksikan kepada seluruh warga sekolah utamanya pendidikan untuk memperingkas perangkat pembelajaran. Dalam hal ini, rencana pelaksanaan pembelajaran diubah menjadi 1 lembar saja. Ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Nah, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membagikan secara percuma beberapa link Download RPP Tema 1 subtema 1 subtema 4 Kelas 4 SD. Download Silabus dan RPP SD. Download RPP Tema 4 subtema 1 sampai subtema 4 kelas 4 k13.
 
Kelebihan dari RPP satu lembar ini adalah format file berupa docx. dan doc. RPP yang kami posting ini digunakan untuk semester 1 dan semester 2. Bapak-ibu guru semua bisa merubah dan mengeditnya dengan mudah sesuai harapan bapak ibu guru semuanya.


Berikut kami sampaikan contoh RPP yang bisa bapak ibu guru gunakan sebagai dasar pembuatan RPP satu lembar.

RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN SRONDOL KULON 02
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 6 x 20 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
  2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
  3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
  4. Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
  5. Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
  6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  • Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Nasionalis
  • Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
Inti
  • Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. (Mengamati)
  • Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka, Communication
  • siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya. (Menanya)
  • Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. (Mengkomunikasikan)
  • Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama. (Mengekplorasi)
  • Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati. (Mengamati)
  • Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu. (Menanya)
  • Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
  • Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.
  • Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru.
  • Mengisi Diagram
1. Pastikan siswa memiliki diagram.
2. Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.
3. Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan pokok.
4. Siswa menuliskan setiap satu gagasan di satu kolom di sekitar gagasan utama.
5. Isi sisi bintang searah jarum jam.
  • Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia. Nasionalis
  • Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri. Mandiri
  • Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya. Gotong Royong
  • Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik. Collaboration
  • Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
  • Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka: Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?
  • Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.) Mandiri
  • Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
  • Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
Penutup
  • Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  • Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Semarang, Juli 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                Guru Kelas 4


Riyah, M.Pd                    Cicilia Damayanti
NIP. 

Berikut merupakan link Download RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1 Revisi Terbaru Kurikulum 2013 tersebut.

Posting Komentar untuk "Download Silabus & RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1 Revisi Terbaru Kurikulum 2013 "