Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

[Bag. C] Latihan Soal PRETES PPG SD Kelas Tinggi (PEDAGOGIK)

Pada postingan kali ini kami akan mambagikan Latihan Soal Online PPG untuk SD kelas Tinggi. 
Soal Online yang akan bapak ibu guru kerjakan ini merupakan prediksi soal yang sesuai dengan kisi-kisi soal Pretest PPG. karenanya,diharapkan bapak ibu semuanya bisa berlatih dan berlatih agar bisa lolos dan mengikuti Pendidikan profesi guru seperti yang bapak ibu guru inginkan.

Adapun soal yang akan kawan-kawan kerjakan ini berjumlah 10 soal pilihan ganda dengan 4 jawaban a,b,c dan d yang dilengkapi dengan kunci jawaban. 

Latihan Soal PRETES PPG SD Kelas Tinggi (PEDAGOGIK)

Tujuan dari adanya latihan soal PPG ini tidak lain adalah sebagai pengayaan soal latihan. Apalagi, kurangnya referensi, akan membuat kawan-kawan kesuliatan mendapatkan akses soal online ini.
Selengkapnya, silakan kerjakan soal Pretes / UP PPG tersebut dibawah ini.

Latihan Soal Pretes / UP PPG SD Kelas Tinggi

Petunjuk:
  • Berdoalah sebelum mengerjakan Latihan Soal PPG ini.
  • Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat!
1. Salah satu tujuan pengintegrasian pembelajaran dengan pendekatan STEAM, diharapkan agar peserta didik dapat....
 A. melaksanakan teknik STEAM secara terpisah-pisah
 B. melakukan perbandingan antar budaya superior
 C. memiliki kompetensi menjadi sales penjualan
 D. memiliki kesiapan terjun dalam dunia kerja mendatang

2. Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip pengulangan, yaitu ....

 A. peserta didik diberikan latihan soal STEAM
 B. peserta didik diminta berpikir secara induktif
 C. peserta didik disadarkan untuk termotivasi
 D. peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh

3. Berikut merupakan fase yang harusnya terjadi setelah fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok dalam problem based learning STEAM....

 A. orientasi peserta didik terhadap masalah
 B. mengembangkan dan menyajikan hasil karya
 C. mengorganisasikan peserta didik
 D. memberikan motivasi kepada peserta didik

4. Pembelajaran berbasis projek pada pendekatan STEAM memungkinkan peserta didik untuk ....
 A. menyelesaikan masalah yang mudah-mudah saja
 B. melakukan kunjungan wisata secara bebas
 C. meneliti keberhasilan rancangan produk
 D. melakukan kerja individual untuk memecahkan masalah

5. Suatu kegiatan pembelajaran menggunakan waktu tanpa istirahat 3 x 45 menit, sehingga guru berfikir perlunya kegiatan relaksasasi ditengah pembelajaran berlangsung. Kegiatan relaksasi berikut mana yang paling cocok untuk mengoptimalkan kembali kerja otak ....

 A. Bernyanyi bersama dengan keras
 B. Berlari mengelilingi halaman sekolah
 C. Bersantai sambil makan-makan
 D. Gerak pelenturan anggota tubuh.

6. Ketika suatu kegiatan pembelajaran berlangsung lama di dalam kelas, kegiatan relaksasi lebih baik lakukan minimal setiap pembelajaran telah berlangsung selama ...

 A. 80 menit
 B. 90 menit
 C. 100 menit
 D. 110 menit

7. Di bawah ini yang merupakan alasan utama, bahwa pembelajaran sebaiknya menggunakan bentuk aktivitas yang bervariasi, adalah ....

 A. Belahan otak kanan dan kiri kita mengalami siklus efisiensi secara bergantian.
 B. Peserta didik akan cepat mengantuk ketika pembelajaran monoton dan membosankan.
 C. Otak peserta didik akan mengalami ketegangan, jika kegiatan pembelajaran sangat monoton.
 D. Pembelajaran yang monoton memperlihatkan rendahnya kreativitas guru mengelola kelas

8. Menurut prinsip pembelajaran berbasis neurosains, pembelajaran akan lebih optimal apabila mampu mengembangkan belahan otak kanan dan kiri secara seimbang. Diantara implikasi prinsip tersebut terhadap profil guru saat mengajar di kelas adalah ....

 A. Guru harus berpenampilan sopan, santun, rapi, menarik, murah senyum, dan tidak gampang marah
 B. Guru harus inspiratif, berfikir sistematis, pandai membuat joke yang edukatif dan memotivasi
 C. Guru harus canggih, kritis, interaktif, dan selalu rasional dalam menjelaskan materi pelajaran.
 D. Guru harus mampu melakukan stand up comedy dan mampu membuat semua peserta didik ketawa

9. Berdasarkan uraian berikut, manakah yang merupakan implementasi dari model kelas lab rotation adalah ...

 A. Terdapat beberapa tempat atau perhentian (station) dimana peserta didik dapat menempatinya secara bergiliran sesuai dengan kesepakatan atau arahan dari guru.
 B. Peserta didik akan diatur untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Salah satu ruangan digunakan untuk sesi pembelajaran secara online sedangkan ruangan yang lain digunakan untuk kegiatan yang lainnya.
 C. Peserta didik memulai kelas, mereka akan mendapatkan pengajaran secara langsung secara online. Sehingga ketika kelas dimulai, peserta didik dapat mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya melalui kegiatan diskusi dikelas.
 D. Pembelajaran online dirancang untuk dapat diakses baik di lingkungan sekolah (cyber lounge) maupun di tempat lainnya. Guru yang memfasilitasi pembelajaran online adalah guru yang juga mengajar pada sesi pembelajaran tatap muka.

10. Bagaimana peran teknologi dalam aktifitas pembelajaran yang menggunakan model blended learning?

 A. Sebagai alat untuk memotivasi dan menarik perhatian peserta didik saat pembelajaran berlangsung
 B. Sebagai sarana penyeimbang interaksi antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka
 C. Sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan saat pembelajaran di kelas.
 D. Sebagai sarana komunikasi antara guru, peserta didik, dan orangtua dalam proses pembelajaran.

Kerjakan juga soal-soal di bawah ini!

Soal Online Pretes PPG Materi Pedagogik & Profesional

Soal Online Pretest PPG SD

Latihan Soal Pretes UKG PPG SD

Jangan lupa untuk membagikan soal ini kepada teman-teman guru yang lain melalui media sosial di bawah ini. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "[Bag. C] Latihan Soal PRETES PPG SD Kelas Tinggi (PEDAGOGIK)"

close