Soal Online Pretes / UP PPG Paket A (Pedagogik dan Profesional)

Latihan Soal Online PPG ini merupakan salah satu soal Pretes / UP PPG yang dapat kawan-kawan guru gunakan sebagai sarana latihan. karenanya, kami berharap kawan-kawan bisa lolos dan menjadi mahasiswa PPG di kampus penyelenggara pendidikan profesi guru tersebut. 

Adapun soal yang akan kawan-kawan kerjakan ini berjumlah 10 soal pilihan ganda dengan 4 jawaban a,b,c dan d yang dilengkapi dengan kunci jawaban. 

Soal Online Pretes / UP PPG

Tujuan dari adanya latihan soal PPG ini tidak lain adalah sebagai pengayaan soal latihan. Apalagi, kurangnya referensi, akan membuat kawan-kawan kesuliatan mendapatkan akses soal online ini.
Selengkapnya, silakan kerjakan soal Pretes / UP PPG tersebut dibawah ini.

Latihan Soal Pretes / UP PPG

Petunjuk:
  • Berdoalah sebelum mengerjakan Latihan Soal PPG ini.
  • Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat!
1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
 A. kemampuan kognitif
 B. kemampuan interaksional
 C. kemampuan integrasi diri
 D. kemampuan komunikatif

2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
 A. kemampuan berkomunikasi
 B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
 C. kemampuan berinteraksi
 D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ….
 A. 0 - 2 tahun
 B. 2 - 7 tahun
 C. 7 -- 11/12 tahun
 D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ….
 A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
 B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
 C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
 D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

 A. Kognitif
 B. Sosial
 C. Emosional
 D. moral

6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan …..

 A. sosial-emosional
 B. kognitif
 C. moral
 D. spritual

7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

 A. penalaran pascakonvensional
 B. penalaran konvensional
 C. penalaran prakonvensional
 D. penalaran interkonvensional

8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…

 A. Prakonvensional
 B. Konvensional
 C. Pascakonvensional
 D. Interkonvensional

9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

 A. mengemukakan gagasan
 B. mengaktualisasikan diri
 C. penciptaan hubungan yang baik
 D. menformulasikan tindakan

10 Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

 A. intelegensi dan kognitif
 B. budaya dan pembiasaan
 C. keluarga dan lingkungan masyarakat
 D. emosional dan kepribadian

Kerjakan juga soal-soal di bawah ini!

Soal Online Pretes PPG Materi Pedagogik & Profesional

Soal Online Pretest PPG SD

Latihan Soal Pretes UKG PPG SD

Jangan lupa untuk membagikan soal ini kepada teman-teman guru yang lain melalui media sosial di bawah ini. Semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar