Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Paket D USBN PKWU Kelas 12 SMA/MA/SMK Beserta Jawabannya

Selamat pagi semuanya. Apa kabar kawanku semua. Setelah seminggu vakum tidak upload soal, pada kesempata kali ini, kami akan membagikan contoh soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran PKWU.


soal-usbn-pkwu-sma1

Seperti yang kawan semua ketahui, PKWU merupakan sebuah sebuah akronim dari pendidikan kewirausahaan. Mapel ini bertujuan agar siswa yang mendapat materi ini, setelah lulus punya gambaran tentang dunia usaha atau dunia kerja yang akan mereka hadapi.

Selain itu, siswa akan dirangsang pola pikirnya untuk menjadi wirausahawan yang bisa mempekerjakan banyak orang.  Ini yang dicitakan oleh pengemban amanat yakni pemerintah agar pelajaran PKWU ini beisa diajarkan di semua jenjang pendidikan.

Terlepas dari itu, kebanyakan dari kita kadang malas belajar, malas membaca dan membuat soal Pelajaran PKWU. Nah, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membagikan soal PKWU ini dengan gratis.

Baca juga: 

Kawan semuanya bias mengakses soal PKWU ini dengan mudah. Selain itu, kami juga menyediakan kunci jawaban yang berada pada akhir soal.

Harapannya, kawan semua bias berlatih menghadapi ujian sekolah dengan tenang dan hikmat. Serta tidak kesulitan mencari sumber belajar.

Perlu kawan-kawan ketahui, soal Ujian Sekolah ini merupakan hasil dari soal MGMP PKWU di kota Semarang. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitas soal yang akan kita pelajari.

Selangkapnya, silakan perhatikan soal tersebut di bawah ini!

Kumpulan Soal USBN PKWU Kelas 12 SMA/MA/SMK Paket D

Satuan Pendidikan  :  SMA, MA
Mata Pelajaran :  PKWU
Program         :  MIPA, IPS, IBB
Kurikulum :  2013
Alokasi Waktu :  60 Menit
Jumlah Soal            : 20 Soal Pilihan Ganda

baca juga: 
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan pada huruf A, B, C, D atau E pada LJK!

1. Promosi memiliki peranan yang penting dalam suatu usaha. Jika dilakukan dengan benar dan tepat sasaran, promosi dapat mendongkrak penjualan secara signifikan. Dibawah ini yang merupakan strategi pemasaran yang tepat adalah ....
A. memberikan harga jual yang tinggi 
B. publikasi produk menggunakan TOA 
C. menawarkan produk promo secara gratis 
D. berjualan di tempat yang kurang strategis
E. melakukan kerja sama dengan para pesaing

2. Memasarkan produk dengan media ini merupakan cara yang sering kita gunakan. Kita berbicara dengan orang mengenai apa yang kita jual, apa manfaatnya. Dengan metode ini kita bisa meyakinkan orang dengan menatap mata mereka langsung. Media yang dimaksud di sini adalah melalui ….
A. media cetak
B. media online
C. social media 
D. mouth to mouth 
E. media elektronik

3. Indonesia sangat kaya dengan keragaman produk kerajinan dengan berbagai macam ragam hias yang tersebar di seluruh tanah air. Ada beberapa teknik pembuatan produk kerajinan dari bahan  limbah .Teknik tersebut  disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Apabila pak Juri seorang wirausaha di bidang limbah plastik maka teknik yang digunakan adalah ....
A. potong, ukir dan pahat 
B. pahat,sambung dan potong
C. potong, sambung dan pahat 
D. potong, pahat dan kontruksi
E. potong, sambung dan konstruksi

4. Tidak semua orang terlahir memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnisnya. Tetapi, menjadi pebisnis yang sukses merupakan salah satu impian beberapa orang. Untuk beberapa orang yang memiliki modal kecil namun memiliki keinginan berbisnis cukup besar, saat ini telah menjadi trend bisnis online dimana kita tidak perlu memiliki stok barang, karena saat penjual mendapatkan order, maka penjual langsung meneruskan order dan detail pengiriman kepada produsen, distributor atau supplier yang sudah bekerjasama dengannya.
Strategi pemasaran seperti ini dikenal dengan nama ….
A. sales
B. reseller 
C. dropship
D. direct selling
E. multi level marketing

5. Perencanaan usaha dapat digunakan sebagai alat pengawas dan pengendalian usaha. Oleh karena itu, perencanaan harus dibuat oleh wirausaha sejak usahanya didirikan. Pernyataan  di bawah ini yang bukan merupakan hal utama dalam memulai usaha adalah  ….
A. memperhitungkan jumlah dana yang diperlukan
B. merencanakan jumlah produk yang akan dibuat
C. merencanakan tempat pemasaran produk 
D. merencanakan produk yang akan dibuat 
E. merencanakan pengembangan pasar

6. Setiap perusahaan, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil selalu mengeluarkan biaya produksi, dimana perhitungan biaya produksi meliputi biaya investasi (startup), biaya tetap dan biaya tidak tetap (variabel). Di bawah ini merupakan biaya produksi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.
1) Biaya bahan baku
2) Biaya gaji karyawan
3) Biaya listrik, air,internet
4) Biaya sewa gedung per bulan
5) Biaya bahan kemasan
Dari beberapa biaya di atas, yang merupakan biaya tetap adalah nomor ….
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 5
C. 1,3 dan 5
D. 2,3 dan 4
E. 2,3 dan 5

7. Saat ini terdapat banyak pilihan badan hukum perusahaan. Tiap-tiap badan hukum memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Para pemilik usaha dapat memilih badan hukum sesuai dengan tujuan dari masing-masing pemilik usaha terhadap apa yang ingin dicapainya. 
      Badan usaha yang dapat dipilih antara lain Perusahaan Perseorangan, Firma, CV, Perseroan Terbatas (PT), Perusahaan Negara, Perusahaan Daerah dan Koperasi serta Yayasan. Apabila si pemilik usaha menginginkan hanya dia sebagai aktor utama dalam mengambil segala kebijakan termasuk dalam menanggung resiko perusahaan, maka si pemilik usaha dapat memilih jenis … sebagai badan usahanya.
A. PT
B. CV
C. Persero
D. Perusahaan Daerah 
E. Perusahaan perseorangan
8. Perhatikan gambar di bawah ini !
 

Motif dekoratif burung Enggang dari Dayak seperti gambar di samping dapat kita gunakan untuk membuat produk kerajinan budaya lokal non benda. Yang merupakan kategori budaya lokal non benda adalah pantun, cerita rakyat, tarian dan upacara adat. Burung Enggang menurut kepercayaan dayak adalah simbol Dewata. Di bawah ini yang tidak memungkinkan membuat produk dengan motif di samping adalah ….
A. hiasan kulkas dari karton duplex 
B. gantungan kunci dari logam
C. hiasan dinding dari benang
D. sandal dari kayu
E. tas dari kain

9. Di dalam dunia persaingan usaha, terdapat istilah persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna diartikan sebagai suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, dan barang yang dijual sejenis atau serupa. Sedangkan persaingan tidak sempurna adalah suatu pasar dimana seorang penjual mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga pasar, karena jumlah barang yang ditawarkan cukup besar. 
      Pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar persaingan monopolistik adalah 3 contoh pasar persaingan tidak sempurna. Pada pasar monopoli, hanya ada satu penjual yang menguasai seluruh penawaran. Pada pasar oligopoli terdapat beberapa produsen yang menguasai penawaran. Sedangkan pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk di antara produk yang dihasilkan. 
Dari deskripsi di atas, perusahaan negara, perusahaan minyak bumi serta gas alam dapat dikategorikan ke dalam pasar ….
A. Monopoli
B. Oligopoli
C. Monopolistik
D. Persaingan sempurna
E. Persaingan tidak sempurna

10. PT Fajar adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan tas. Pada bulan Januari 2018 PT Fajar  memproduksi 200 produk dengan harga Rp 100.000/produk. Rincian biaya sebagai berikut : Biaya Baha Baku Rp. 1.200.000, Biaya Overhead Rp. Rp. 1.450.000, Biaya Tenaga Kerja Rp. 5.000.000, Berapa jumlah Total Biaya Produksinya ....
A. Rp. 7.650.000,-
B. Rp. 7.760.000,-
C. Rp. 7.800.000,-
D. Rp. 8.750.000,-
E. Rp. 8.570.000,-

11. Perusahaan Baju sekali produksi menghasilkan 1000 baju, Jika Total biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi sebesar  Rp 10.000.000,00, dengan harga jual Rp 100.000,00/baju. Berapa jumlah BEP (Break Event Point) Biaya Produksi, di mana usaha tidak memperoleh laba dan tidak menderita kerugian (titik impas) ....

Baca juga:

A. 100 / baju
B. 1.000 / baju
C. 1.100/ baju
D. 10.000./ baju
E. 11.000  / baju

12. PT Sejahtera dalam usahanya mengalami persoalan tentang produksinya yang kurang laku di pasaran, agar pemasarannya bisa berjalan dengan lancar, maka wirausahawan harus dapat berfikir positif secara ilmiah, logis dan analitis, wirausahawan tersebut harus memiliki ....
A. Prilaku yang spontan
B. Pendidikan yang cukup
C. Kebiasaan yang tak tentu
D. Model untuk selalu mencoba
E. Banyak modal dan memiliki sahabat

13. Dalam berwirausaha sering kita menemui kegagalan dan keberhasilan, sikap yang perlu dilakukan sebagai manusia yang beragama, adalah ....
A. Tetap berusaha mencari peluang dan belajar dari pengalaman disertai dengan berdo’a.
B. Tetap berusaha dan menjadi kuat, berani untuk menghalalkan segala cara
C. Mengadu kepada teman di media jejaring sosial untuk mencari solusi
D. Lebih baik menyendiri dan mendaki gunung untuk mencari inspirasi baru
E. Frustrasi meratapi nasib yang gagal dalam menjalankan usahanya

14. Menghadapi situasi persaingan yang ditandai dengan dinamika yang tinggi (hypercompetition) perusahaan harus ....
A. menyusun rencana operasional yang seadanya
B. mempunyai cara pandang biasa dalam strategi usaha
C. menyusun strategi usaha dengan data yang akurat
D. menerima keadaan lingkungan organisasi yang berubah
E. Bekerja sesuai dengan kemampuan yang sudah kita miliki saja
15. Seseorang yang berjiwa wirausaha harus mandiri, menjadi lebih produktif sehingga dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Untuk mendapatkan hasil yang baik, seorang wirausaha harus ....
A. kekuatan yang ada, baik rekan kerja,  lingkungan kerja. serta kekuatan diri sendiri.
B. kekuatan yang tidak menerima bantuan orang lain, karena merasa sudah hebat
C. kekuatan tergantung pada rekan kerja, selalu menunggu saran dari orang lain
D. kekuatan tergantung pada orang lain, bawahan, dan serta lingkungan kerja
E. kekuatan selalu diukur dari banyaknya modal baru kemampuan kerjanya

16. Ada Beberapa tahapan adminitrasi perencanaan usaha yang harus dipersiapkan saat akan mendirikan usaha, diantaranya Aspek Keuangan, yang termasuk dalam Aspek Keuangan adalah ....
A. Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (Ancaman)
B. Sumber daya manusia, Aspek produksi, Kekuatan Usaha, Aspek Keuangan
C. Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Kekuatan Usaha, Keuangan
D. Nama perusahaan, Lokasi perusahaan, Jenis usaha, Perizinan usaha
E. Biaya variabel, Biaya tetap, Penerimaan kotor Pendapatan bersih

17. Ide perencanaan peluang usaha untuk budidaya tanaman pangan yang paling dikenal dan memiliki nilai ekonomi tinggi salah satunya tanaman serealia, Yang termasuk dalam tanaman Serealia adalah ....
A. Padi, Jagung, Gandum, Sorkhum
B. Ubi Jalar, Singkong, Talas, Kentang
C. Kacang tanah, Kedelai, Kacang Hijau
D. Jagung, Gandum, Kacang tanah, Kedelai
E. Gandum, Sorkhum, Kacang tanah, Kedelai
18. Sarana produksi dan bahan yang diperlukan dalam budi daya tanaman hias diantaranya adalah, Persiapan Lahan dan Media Tanam, yang bisa dilakukan dalam Persiapan Lahan dan Media Tanam adalah ....
A. Dapat dilakukan di dalam pot (polybag)
B. menanam kembali tanaman yang mati, rusak
C. Pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida
D. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari
E. Pupuk dapat diberikan ke media atau disemprot langsung ke tanaman

19. Salah satu tujuan utama dari pengujian mutu benih sebelum dipergunakan dalam suatu  jenis usaha produksi adalah untuk . . . . 
A. mengetahui kebenaran data keterangan mutu yang tertulis pada kemasan. 
B. mengetahui jumlah butiran biji benih dalam kemasan. 
C. memperkirakan batas akhir masa kadaluwarsa. 
D. mengetahui nilai ekonomis/analisa usaha.
E. bersih serangan hama penyakit 

20. Jenis produksi yang digunakan untuk tanaman hias dan merupakan zat yang mutlak dibutuhkan tanaman hias adalah Pupuk, Pemberian pupuk yang mengandung zat hara bertujuan untuk ....
A. pemisahan biji dari daging buah hasil panen
B. analisis kemampuan pelaksana pengemas benih
C. cara budidaya yang benar dan pestisida yang sesuai
D. pemupukan berimbang dan pestisida bila diperlukan
E. membantu metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan tanaman

Kunci Jawaban Pilihan Ganda 

Posting Komentar untuk "Soal Paket D USBN PKWU Kelas 12 SMA/MA/SMK Beserta Jawabannya"